Tren Belanja Online Akhir Tahun, Transaksi Shopee Live dan Pesanan Shopee Video Meningkat

- 16 Desember 2023, 06:00 WIB
Live shopping 12.12.
Live shopping 12.12. /Istimewa/

Literasi News - Berbelanja melalui metode live streaming menyuguhkan pengalaman berbeda yang menyenangkan. Hal itu salah satunya disebabkan karena terjadi interaksi langsung secara jarak jauh antara penjual dan pembeli. Selain menghadirkan medium untuk para pelaku usaha dalam menjangkau konsumennya, metode ini juga berkontribusi mendorong pertumbuhan industri lokal. Adaptasi dan inovasi menjadi kunci penting untuk semakin meningkatkan daya tarik serta menghadirkan solusi, baik untuk penjual maupun pembeli.

Kecenderungan berbelanja online masyarakat yang dinamis selalu menarik untuk diperhatikan, khususnya pada periode dimana euforia belanja sedang tinggi seperti momen akhir tahun. Konten visual yang kreatif dan informatif pun turut mempengaruhi keputusan berbelanja. Shopee Video menjadi salah satu ruang kreasi bagi UMKM dan Brand Lokal untuk memberikan informasi dan hiburan mengenai produknya melalui konten video pendek yang menarik. Di 12.12 Birthday Sale, terjadi lonjakan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini dimana pada puncak kampanye peningkatan pesanan melalui Shopee Video mencapai 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Live Shopping 12.12
Live Shopping 12.12

Selain kreasi konten video, fitur live streaming juga masih menjadi gaya belanja yang menarik perhatian pengguna. Pada kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, sesi Shopee Live menarik banyak perhatian, tercatat peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12. Tingginya antusiasme ini membuka lebih besar peluang bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan. Interaksi yang dihadirkan, keseruan saat mempromosikan sebuah produk hingga kemudahan untuk menjawab pertanyaan calon pembeli, merupakan tiga dari banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee Live.

Melihat tingginya aktivitas belanja di tengah momentum menyambut akhir tahun, periode ini dapat menjadi ruang dalam menghadirkan kesempatan dan peluang lebih besar. Melalui kampanye 12.12 Birthday Sale nya yang ikonik, keseruan penawaran pada Shopee Live & Shopee Video menjadi bagian dari rangkaian semarak 8 tahun Shopee beroperasi. Interaksi dan keseruan yang dihadirkan melalui pengalaman belanja yang menarik perhatian pengguna, puncak kampanye 12.12 Birthday Sale mencatatkan peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya kami dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee. Tidak hanya sekedar ajang perayaan pertambahan usia, momentum spesial ini kami optimalkan guna menciptakan dampak positif yang konsisten,” kata Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.

“Sejalan dengan misi kami yaitu untuk terus meningkatkan kualitas hidup bagi seluruh pengguna, kami sangat senang 12.12 Birthday Sale setiap tahunnya dapat senantiasa memberikan lebih banyak manfaat terhadap masing-masing ekosistem. Tahun ini kami dapat menyaksikan bagaimana performa bisnis brand lokal dan UMKM mengalami pertumbuhan dengan meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik yang memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli dan fitur terkini yang memberikan ruang berkreasi bagi konten kreator untuk memperluas jangkauan nya,” tuturnya menambahkan.

Jangan lupa download aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store. Untuk pengalaman belanja yang lebih praktis, segera aktifkan ShopeePay.***

Editor: Abdul Rokib


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x