Ini Cara dan Syaratnya Supaya Bisa Mendapat Bantuan Rp3,5 Juta untuk Modal Usaha dari Kemensos

- 7 Januari 2021, 10:28 WIB
Laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sumber informasi bantuan yang disalurkan Kemensos, termasuk bantuan Rp3,5 juta untuk modal usaha
Laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sumber informasi bantuan yang disalurkan Kemensos, termasuk bantuan Rp3,5 juta untuk modal usaha /Dok. Kemensos/Kemensos

Literasi News - Kementerian Sosial mulai tahun ini menyalurkan bantuan Rp3,5 juta untuk modal kewirausahaan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah lulus Program Keluarga Harapan (PKH).

Kebijakan bantuan sosial yang digulirkan pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) ini tidak sekadar menjaga daya beli keluarga miskin. Namun diarahkan untuk pemberdayaan, sehingga mereka tidak tergantung terus-menerus pada bansos pemerintah.

Tahun ini, Kemensos mulai menyalurkan bantuan modal kewirausahaan sosial yang diberikan kepada KPM PKH. Bantuan modal tersebut akan menyasar target spesifik yaitu para KPM PKH Graduasi atau Lulusan PKH yang memiliki rintisan usaha.

Baca Juga: Derbi Manchester di Carabao Cup, MU Tersingkir. City Tantang Tottenham di Final Piala Liga Inggris

Para graduasi ini terdiri dari dua kelompok, yakni mandiri dan alamiah. Graduasi mandiri sejahtera adalah keluarga penerima manfaat yang sudah mengikuti program bansos, dan secara sukarela mengundurkan diri karena sudah mampu mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Sebelum dinyatakan lulus, KPM mendapatkan bimbingan dari pendamping kesejahteraan sosial program tingkat kecamatan. Demikian dikutip Literasinews dari laman Indonesia.go.id.

Data Kemensos menunjukkan, jumlah graduasi KPM PKH telah melampaui target yang ditentukan yaitu satu juta KPM. Sepanjang 2020 ini, sebanyak 1.179.304 KPM PKH telah menyatakan keluar dari kepesertaan PKH.

Baca Juga: Juventus Digdaya, Rekor Tak Terkalahkan AC Milan Kandas di San Siro

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin, Rabu 16 Desember 2020 lalu menuturkan, data per 30 November 2020 jumlahnya sudah melebihi target graduasi yang telah ditentukan, yakni sebanyak 10 persen dari total 10 juta KPM PKH.

Dari total KPM graduasi tersebut, Kemensos mencatat ada dua jenis graduasi, yaitu graduasi mandiri sebanyak 341.773 KPM dan graduasi secara alamiah sebanyak 837.531 KPM.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x