Kemensos Kasih Modal Usaha Rp3,5 Juta, Tapi Hanya Untuk 6 Kategori Ini

- 6 Januari 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi. Penjahit mengerjakan pekerjaannya. Profesi menjahit adalah salah satu yang berhak mendapat bantuan modal usaha Rp3,5 juta dari Kemensos
Ilustrasi. Penjahit mengerjakan pekerjaannya. Profesi menjahit adalah salah satu yang berhak mendapat bantuan modal usaha Rp3,5 juta dari Kemensos /Pikiran-Rakyat.com/Arif Hidayah/

Literasi News - Pada tahun 2021 ini, Kemensos akan memberi bantuan modal usaha sebesar Rp3,5 juta. Modal usaha itu akan disalurkan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah lulus dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Namun, tidak semua KPM lulusan PKH yang akan mendapatkan modal usaha Rp3,5 juta. Yang berhak adalah KPM lulusan PKH yang punya rintisan usaha sejak terdampak pandemi Covid-19. 

Berdasarkan data Kemensos, ada 10.000 lulusan PKH yang saat ini punya memiliki rintisan usaha. Mereka yang terseleksi akan menerima pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha Rp3,5 juta per KPM untuk mengembangkan usaha.

Baca Juga: Ternyata SIM Gratis Bukan Hanya untuk Pelajar dan Mahasiswa, Termasuk Buat Pelaku UMKM

Secara umum, ada 2 kelompok lulusan PKH yaitu lulusan mandiri sejahtera dan lulusan alamiah. Lulusan mandiri adalah mereka yang sudah mengikuti program bansos tapi secara sukarela mengundurkan diri karena menganggap sudah mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sementara, lulusan alamiah ialah mereka yang dinilai sudah tak layak lagi menerima bantuan. Contohnya, anak-anak dari KPM sudah lulus sekolah semua. Atau, kepala keluarganya sudah punya penghasilan di atas rata-rata kategori miskin.

Lulusan yang berhak mendapatkan modal usaha Rp3,5 juta ini adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik Januari hingga Maret 2021, Pakai Tiga Pilihan

Kemensos juga memberi batasan tentang jenis-jenis usaha yang berhak mendapatkan modal usaha Rp3,5 juta. Ada enam bidang usaha yaitu

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x