Antisipasi Politik Uang dan Kampanye Hitam, Bawaslu Cianjur Giatkan Patroli Pengawasan

- 7 Desember 2020, 13:21 WIB
Komisioner Bidang Pengawasn Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur, selama masa tenang patroli siber ditingkatkan
Komisioner Bidang Pengawasn Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur, selama masa tenang patroli siber ditingkatkan /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggiatkan patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Peningkatan pengawasan anti politik uang dilakukan dengan melibatkan para pengawas di tingkat TPS (tempat pemungutan suara).

Komisioner Bidang Pengawasan Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur mengatakan, di masa tenang dan menjelang hari pencoblosan kecenderungan money politics dan kampanye hitam tinggi.

Baca Juga: Penyemprotan Disinfektan Serentak mulai Pusat Kota hingga Pelosok Desa di Kabupaten Cianjur

"Kita lakukan antisipasi agar hal-hal yang dilarang tidak terjadi, seperti politik uang dan kampanye hitam. Baik jelang pelaksanaan maupun saat pelaksanaan pemilihan nanti,” kata Hadi kepada wartawan, Senin 7 Desember 2020.

Disebutkan, saat ini memasuki titik rawan karena semua energi calon akan dimaksimalkan dalam rangka merebut simpati publik hingga detik-detik pencoblosan.

“Biasanya kan saat ini para calon sudah pegang hasil surveinya, sehingga tahu di mana kurangnya dan harus bagaimana,” ujarnya.

Baca Juga: Sinetron Dia Bukan Manusia Tayang Malam Ini di SCTV,Berikut Sinopsisnya

Oleh karena itu, lanjut Hadi, selain patroli di lapangan, pihaknya juga akan meningkatkan patroli siber guna memastikan tidak ada aktivitas kampanye terselubung di media sosial.

Ditegaskan, segala bentuk kampanye di masa tenang ini dilarang sebagaimana diatur Pasal 187 Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah