Status Gunung Merapi Siaga, Pemda di Wilayah KRB agar Menyiapkan Mitigasi Bencana

- 5 November 2020, 19:04 WIB
Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi
Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi /Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)/

Literasi News - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menginformasikan status aktivitas Gunung Merapi naik menjadi level III atau Siaga. Kenaikan status tersebut tertanggal mulai hari ini, Kamis 5 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan berdasarkan data-data aktivitas vulkanik, BPPTKG menaikan status dari level II atau waspada menjadi level III atau Siaga.

Kemudian menyampaikan beberapa rekomendasi di antaranya ke Pemerintah Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Baca Juga: Polisi Janji Tak Akan Halangi Pendukung Habib Rizieq untuk Menjemput di Bandara, Asalkan...

Menurutnya dari pemetaan sektoral terkait prakiraan daerah bahaya meliputi 12 desa tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.  Wilayah administrasi desa yang masuk di dalam prakiraan daerah bahaya di DIY yaitu Glagaharjo, Kepuharjo dan Umbulharjo yang berada di Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Sementara di Provinsi Jawa Tengah, ada tiga kabupaten teridentifikasi memiliki wilayah-wilayah desa yang masuk dalam prakiraan daerah bahaya, yaitu Magelang, Boyolali dan Klaten.

Desa dan kecamatan di tiga kabupaten tersebut yaitu Ngargomulyo, Krinjing dan Paten di Dukun, Magelang, Tlogolele, Klakah dan Jrakah di Selo, Boyolali dan Tegal Mulyo, Sidorejo dan Balerante di Kemalang, Klaten.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan ini, Ada Manchester City vs Liverpool dan Everton vs Manchester United

Selain itu merekomendasikan agar penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III untuk dihentikan. Demikian juga dengan pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi, termasuk pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Ia menambahkan, aktivitas vulkanik terus meningkat hingga saat ini. Hal tersebut berdasarkan data hasil pemantauan aktivitas vulkanik, seperti kegempaan dan deformasi yang masih terus meningkat.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BPPTKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x