Antisipasi Arus Balik Libur Panjang, Tol Cipali mulai Diberlakukan Penyekatan

- 1 November 2020, 15:20 WIB
Suasana Jalan Tol Cipali Sabtu 31 Oktober 2020
Suasana Jalan Tol Cipali Sabtu 31 Oktober 2020 /Literasi News /Hasbi NR

Literasi News - Antisipasi terjadinya lonjakan kendaraan yang masuk ruas jalan Tol Cipali pada arus balik libur long weekend yang diprediksi Minggu 1 November 2020, Astra selaku pengelola mulai memberlakukan penyekatan. Saat ini untuk kendaraan berat golongan 3 ke atas tidak diperbolehkan masuk ruas tol Cipali.

Penyekatan atau sortir kendaraan tersebut mulai dilakukan dari Gerbang Tol (GT) Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, dan Sumberjaya. Khusus dari arah Jawa sudah dilakukan sortir dari ruas tol Palikanci dan di GT Palimanan 4. Semua kendaraan gol 3 ke atas dikeluarkan di GT Palimanan 4 dan diarahkan ke jalur Pantura (jalan arteri).

Demikian dikatakan General Manager Operation ASTRA Tol Cipali, Suyitno melalui keterangan tertulis Minggu 1 November 2020. Ia juga mengatakan jumlah gardu ke arah jakarta dioperasionalkan maksimal guna menghindari terjadinya antrian kendaraan.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Oleh-oleh Khas Majalengka Yang Bisa Dijadikan Referensi

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi melonjaknya volume kendaraan yang melintas pada akhir long weekend, telah disiapkan 15 Gardu menuju arah Jakarta dan empat Gardu arah Palimanan. Gardu tersebut dioperasikan dengan maksimal demi kelancaran dan kenyamanan para pengguna jalan.

Sementara perkembangan arus lalu lintas, lanjutnya menjelang akhir libur panjang Ruas Tol Cipali terpantau ramai dan lancar. Namun kendaraan Golongan 1 mendominasi, dan kendaraan yang kembali menuju arah Jakarta mulai ada peningkatan.

Ia mengungkapkan volume arus lalu lintas pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 terpantau sebanyak 58 ribu kendaraan melintas. Jumlahnya meningkat dibandingkan hari jumat tercatat sebanyak 43.315 kendaraan.

Baca Juga: KPOTI Susun Draft Pembakuan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional yang Bisa Dikompetisikan

Dari jumlah 58 ribu kendaraan yang melintas tol cipali, lanjutnya lebih banyak yang masuk gerbang palimanan menuju arah Jakarta. Kendaraan yang masuk gardu palimanan ke arah Jakarta sebanyak 39 ribu. Sedangkan arah sebaliknya yang keluar palimanan dari arah Cikampek hanya 19 ribu.

Diungkapkannya, untuk lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan sampai dengan hari Sabtu 31 Oktober 2020, volume lalu lintas ASTRA Tol Cipali mengalami kenaikan sebesar 69 persen dibandingkan dengan lalu lintas harian pada hari yang sama di hari Sabtu.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x