Waspadai Potensi Pohon Tumbang Saat Melintas Puncak Cipanas, Curah Hujan masih Tinggi

- 30 Oktober 2020, 09:38 WIB
Ilustrasi: Jalur Puncak Cipanas Cianjur rawan pohon tumbang dan longsor
Ilustrasi: Jalur Puncak Cipanas Cianjur rawan pohon tumbang dan longsor /Literasi News/Angga

Literasi News - Potensi terjadinya pohon tumbang di sepanjang jalur Puncak Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat cukup tinggi, menyusul derasnya curah hujan di wilayah tersebut masih sering terjadi.

Oleh karena itu pengendara dan pengguna jalan yang hendak melintas di jalur Puncak, Cipanas diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya pohon tumbang, utamanya saat hujan deras.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan, mengatakan curah hujan yang tinggi saat ini bisa memicu terjadinya pohon tumbang di kanan kiri jalan.

Baca Juga: 2.120 Lembaga Manfaatkan Bigdata Dukcapil, SKPD Daerah Malah Terbalik

"Di jalur puncak cipamas masih banyak pohon di kanan kiri jalan yang usianya sudah tua dan kondisi pohonnya sudah lapuk, sehingga berpotensi tumbang. Termasuk potensi tebing longsor juga. Karena ada beberapa spot di jalur Puncak yang rawan," kata Irfan, kepada wartawan, Jumat 30 Oktober 2020.

Irfan mengimbau pengguna jalan untuk waspada saat berkendara dalam kondisi hujan lebat. "Sebaiknya kalau hujan deras menepi dulu, terutama pengendara roda dua, karena jarak pandang juga terbatas," ujar dia.

Irfan menyebutkan, beberapa spot rawan longsor dan pohon tumbang terdapat di daerah Cugenang, Cibeureum, Ciloto dan Puncak Pass.

Baca Juga: Ditjen Haji dan Umroh Kemenag Luncurkan Siskohat Mobile, Proses Pendaftaran Haji Selesai 15 Menit

Sementara itu, volume pengunjung atau kendaraan menuju kawasan Puncak saat ini mengalami lonjakan, menyusul libur panjang dan cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pantauan, di kawasan Puncak Pass, Jumat 30 Oktober 2020 volume kendaraan terpantau ramai lancar. Kendaraan yang melintas di jalur tersebut didominasi berplat nomor B atau dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x