Ngabuburit Sapa Budaya Desa, Cara LESBUMI PWNU Jabar Lestarikan Budaya

- 5 April 2024, 16:46 WIB
Ngabuburit Sapa Budaya Desa, Cara LESBUMI PWNU Jabar Lestarikan Budaya.
Ngabuburit Sapa Budaya Desa, Cara LESBUMI PWNU Jabar Lestarikan Budaya. /LESBUMI PWNU Jabar

Literasi News - Dalam Rangka menindaklanjuti program prioritas 'Sapa Budaya Desa' Lesbumi Jawa barat di 4 Titik Kabupaten/Kota di Jawa Barat, di titik yang ke-3 ini, Lesbumi kabupaten Tasikmalaya sebagai pelaksana kegiatan acara Ngabuburit di Bale Desa.

Kegiatan ini bertempat di bale desa Cipakat kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Pada Hari Selasa, 02 April 2024. Dengan mengangkat tema kegiatan "Desa sebagai tempat lahirnya para pejuang Nasional"

Ngabuburit di Desa ini dilaksanakan oleh panitia setempat Lesbumi Kab Tasikmalaya dengan melibatkan partisipasi yakni PCNU Kabupaten Tasikmalaya, MWC NU Singaparna, PR NU Desa Cipakat, BEM PTNU Se-Nusantara serta dihadiri diisi oleh para santri dan masyarakat desa setempat.

Baca Juga: Suporter Bola Sambut Baik Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024-2025, Tuai Respons Positif

Selanjutnya Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya Drs. KH. Nandang AH, M.Si, kemudian dilanjutkan beberapa sambutan dari pelaksana kegiatan diantaranya (Wakil Ketua Lesbumi Jabar) Drs. H. Teteng MA, M.Pd, dan (Ketua Lesbumi Kab. Tasikmalaya) Irpan Hilmi, S.Pd.,. Serta Selaku Tuan Rumah, diantaranya (Kepala Desa Cipakat) Dadan Ridwan serta (Ketua Ranting NU Desa Cipakat) Eman Sulaeman, S.Ag.

Di tengah sambutan pembukaannya KH. Nandang mengatakan eksistensi Lesbumi di tengah masyarakat Desa sangat diperlukan dalam rangka Pembinaan potensi Seni dan Budaya yang ada di desa sebagai warisan para leluhur, apalagi datang dengan program unggulan dari Lesbumi Jabar mengenai 'Sapa Budaya Desa' dengan mengangkat bentuk dialog Guar Budaya.

Selain itu Ketua Lesbumi Kabupaten tasikmalaya Irpan Hilmi selaku pelaksana kegiatan melaporkan, bahwa dalam kegiatan Ngabuburut di Bale Desa ini menampilkan ragam acara seni dan Budaya masyarakat setempat dan peningkatan talenta serta ngamumule budaya tradisi.

Baca Juga: Sambutan Pj Bupati di Milangkala Ke-76 Kabupaten Subang, Sebut Butuh Jiwa Gotong Royong

Lebih lanjut Irpan melaporkan ada kegiatan Lomba Nadzom Lawas Kangjeng Nabi Muhammad SAW, Pentas Seni Angkung Sered masyarakat Cihaur, Penampilan Tari Tradisi Tasikmalaya oleh para siswi SMK As-Saabiq Singaparna, serta ditutup dengan acara inti "Guar Budaya Tasikmalaya" yaitu Talk Show membahas seni dan budaya di Tasikmalaya dengan narasumber diantaranya budayawan Dadan Madani dari Ketua Lesbumi jawa barat dan DR. Agus Abdul Wakih, M.Sen selaku Budayawan

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah