Kontroversi Janji BBM Gratis dan Tunjangan Hamil dari Elite PKB: Realitas atau Politik?

- 6 September 2023, 16:16 WIB
Rahmat Hidayat Djati: Putusan MK Tetap Gunakan Sistem Proporsional Terbuka Sesuai Harapan PKB.
Rahmat Hidayat Djati: Putusan MK Tetap Gunakan Sistem Proporsional Terbuka Sesuai Harapan PKB. /Literasi News

Literasi News - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karawang, Rahmat Hidayat Djati, menilai pernyataan yang dilontarkan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda, merupakan langkah bijak dalam menyikapi agenda perjuangan PKB.

Rahmat menganggap banyak pihak yang salah memahami konteks agenda perjuangan PKB yang dilontarkan Syaiful beberapa waktu lalu. "BBM gratis dan tunjangan wanita hamil memang agenda perjuangan PKB, dan bukan asal janji-janji, sudah dikaji juga," kata Rahmat, Rabu, 6 September 2023.

"Apakah sudah pendistribusian subsidi BBM sudah efektif? karena menurut kajian, subsidi masih mengalami kebocoran ke korporasi, kami (PKB) berharap dapat menutup kebocoran agar secara khusus dapat diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki sepeda motor," kata Rahmat.

Baca Juga: Cak Imin Dipanggil KPK, Aktivis Demokrasi Jawa Barat Nyatakan Sikap: 'Syarat dengan Nuansa Politis'

Lebih lanjut, Rahmat menyebut, Syaiful berhasil mengajak masyarakat untuk berpikir kritis dan tidak apatis, serta tidak menerima keadaan begitu saja. "Buktinya jadi heboh kemana-mana, bukan cuma di media sosial, sampai Ace Hasan juga ikut menanggapi ini," kata Rahmat.

Menurut Rahmat, pernyataan Syaiful ini nantinya menjadi beberapa pertanyaan yang membuat masyarakat lebih kritis dalam menyikapi kinerja pemerintahan saat ini dan yang akan datang. Berikut ini adalah pertanyaan yang mungkin terlintas di pikiran masyarakat Indonesia.

1. Keberlanjutan Keuangan: Bagaimana PKB berencana untuk mendanai subsidi BBM gratis dan tunjangan hamil ini? Apakah ini akan membebani anggaran negara atau memerlukan pemotongan di bidang lain?

2. Implementasi: Bagaimana rencana tersebut akan diimplementasikan dengan efisien? Bagaimana PKB akan memastikan bahwa manfaatnya benar-benar diterima oleh mereka yang memenuhi syarat?

3. Kebijakan Subsidi BBM: Bagaimana PKB berencana untuk mengatasi kebocoran subsidi BBM ke korporasi? Apakah ada langkah konkret yang akan diambil?

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x