Forum KTT G20 Resmi Dibuka, Isu Ancaman Krisis Pangan Dunia Menjadi Sorotan

- 15 November 2022, 10:55 WIB
Forum KTT G20 resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa 15 November 2022.
Forum KTT G20 resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa 15 November 2022. /ANTARA FOTO

Literasi News - Forum KTT G20 resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa 15 November 2022.

Forum yang dihadiri para pemimpin dunia G20 itu, membahas berbagai permasalahan global, diantaranya isu ancaman krisis pangan dunia yang menjadi sorotan.

Mengawali pembukaan KTT G20, Presiden Jokowi menyampaikan selamat datang kepada para pemimpin negara-negara G20 dan para delegasi yang hadir di lokasi pertemuan, yang kehadirannya sebelumnya telah disambut langsung satu per satu oleh Presiden Jokowi.

"Para pemimpin. Selamat pagi, hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi langsung menjelaskan sejumlah persoalan yang saat ini menjadi masalah dunia, dan perlu menjadi perhatian dalam KTT G20, salah satunya soal pupuk.

Baca Juga: Bus Listrik Merah Putih Jadi Kendaraan Operasional KTT G20, Hasil Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri

Presiden Jokowi menekankan agar persoalan pupuk tidak disepelekan, karena jika tidak segera diambil langkah konkret, agar persediaan tercukupi dan harga terjangkau, maka tahun 2023 akan menjadi tahun yang begitu suram.

Dia menjelaskan bahwa krisis dapat memburuk menjadi krisis pasokan pangan, karena kelangkaan dan mahalnya harga pupuk dapat meningkatkan harga pangan di berbagai belahan dunia.

“Bagi 48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan tertinggi, akan menjadi kondisi yang sangat serius," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x