Bus Listrik Merah Putih Jadi Kendaraan Operasional KTT G20, Hasil Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri

- 14 November 2022, 13:34 WIB
Bus Listrik Merah Putih (BliMP) diluncurkan untuk mendukung perhelatan KTT G20 di Bali sebagai kendaraan operasional.
Bus Listrik Merah Putih (BliMP) diluncurkan untuk mendukung perhelatan KTT G20 di Bali sebagai kendaraan operasional. /Kemendikbudristek/

Literasi News - Bus Listrik Merah Putih (BliMP) diluncurkan untuk mendukung perhelatan KTT G20 di Bali sebagai kendaraan operasional.

Bus Listrik Merah Putih (BliMP) merupakan salah satu hasil karya dari platform Kedaireka yang merupakan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri melalui program Kemendikbudristek sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Salah satu dari pemanfaatan platform Kedaireka ini adalah Bus Listrik Merah Putih (BliMP) yang merupakan kendaraan listrik inisiasi bersama antara Kemendikbudristek dan PT Industri Kereta Api (INKA) yang digunakan untuk kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengapresiasi kerja sama riset antarperguruan tinggi.

"BliMP didesain oleh anak bangsa (Indonesia) dan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mendikbudristek mengapresiasi Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Baca Juga: Elon Musk Berdialog Dengan Mahasiswa Indonesia Secara Virtual Dalam Momen G20, Ini Pesannya

“Sejak pertama kali Bapak Presiden Joko Widodo menerima presidensi G20, saya yakin bahwa ini adalah salah satu momentum terbaik bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kita dalam berbagai bidang. Termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan menghasilkan karya yang membanggakan ini,” kata Mendikbudristek di Nusa Dua, Bali, Minggu 13 November 2022.

Senada dengan Mendikbudristek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut meluncurkan Bus Listrik Merah Putih menyampaikan rasa bangganya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x