Gelar Diskusi Virtual, Gerbang Tani Urai Persoalan Petani di Jawa Barat dan Solusinya

- 14 Juni 2021, 14:51 WIB
Gelar Diskusi Virtual, Gerbang Tani Urai Persoalan Petani dan Solusinya.
Gelar Diskusi Virtual, Gerbang Tani Urai Persoalan Petani dan Solusinya. /A Fauzi Ridwan /Literasi News

Literasi News - Gerakan kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Jawa Barat menyoroti berbagai persoalan yang menimpa petani dan nelayan di Jawa Barat. Mulai dari kartu tani, pupuk sampai harga dan pasar yang tidak menentu.

Ketua Gerbang Tani Jawa Barat Aji Jenal Murtado menyampaikan, Gerbang Tani harus hadir di tengah-tengah masyarakat Jawa Barat yang mayoritas adalah petani.

"Maka dengan agenda diskusi yang digelar secara virtual kemarin, kami merumuskan langkah-langkah yang akan dijalankan," ujar Aji, dalam keterangannya, Senin 14 Juni 2021.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain, Head to Head Euro 2021 Polandia vs Slovakia di RCTI dan Streaming Mola TV

Dia menyampaikan, keberadaan Gerbang Tani harus sinergis dengan berbagai pihak, mulai dari para petani, pemerintah, pemodal termasuk pasar. Karena tidak bisa menawarkan solusi jika tidak mengurai persoalan mulai dari hulu ke hilir.

"Kita urai persoalannya dari hulu ke hilir," ujarnya.

Banyak masukan dalam diskusi tersebut, terutama soal panjangnya alur distribusi pasar, ketersediaan pupuk yang kurang, kartu tani yang menjadi identitas para petani belum bisa digunakan secara maksimal.

Baca Juga: Barang Bukti dari Anji Tidak Hanya Ganja, Polisi: Banyak dan Beragam

Belum lagi, tambahnya, soal petani yang mayoritas hanya sebagai petani penggarap atau buruh tani. Dimana pemilik lahannya adalah para pengusaha atau perusahaan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x