BNPB: Puluhan Kejadian Bencana Banjir dan Longsor di Pekan Pertama Februari 2021, dan Renggut 7 Korban Jiwa

- 8 Februari 2021, 13:17 WIB
Ilustrasi, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pasuruan melakukan penanganan darurat terdampak banjir pada Rabu 3 Februari 2021. Sepekan pertama di bulan pertama terjadi puluhan bencana banjir dan longsor renggut 7 korban jiwa.
Ilustrasi, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pasuruan melakukan penanganan darurat terdampak banjir pada Rabu 3 Februari 2021. Sepekan pertama di bulan pertama terjadi puluhan bencana banjir dan longsor renggut 7 korban jiwa. /BPBD Kabupaten Pasuruan

Literasi News - Bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor melanda beberapa wilayah Indonesia pada minggu pertama Februari 2021. Puluhan kejadian bencana mengakibatkan kerusakan fisik, pengungsian dan merenggut korban jiwa.   

BNPB terus memantau perkembangan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor di beberapa wilayah Indonesia. Demikian dikatakan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati pada laman resmi BNPB.

Menurutnya, hujan tidak hanya mengakibatkan banjir tetapi tanah longsor hingga menimbulkan korban jiwa, seperti yang terjadi di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat 5 hingga Sabtu 6 Februari 2021.

Baca Juga: BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Senin 8 Februari. Berikut ini Daftar Wilayahnya

Data BNPB per 7 Februari 2021, pukul 19.30 WIB, bencana di pekan pertama Februari ada 66 kejadian. Rincian banjir 40 kali, angin puting beliung 12, tanah longsor 10, kebakaran hutan dan lahan 2, gelombang pasang dan abrasi 1, gempa bumi 1. Korban meninggal 7 orang, sebanyak 6 jiwa diakibatkan oleh banjir.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan di bulan ini mengingat prakiraan puncak musim hujan. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk pencegahan, seperti persediaan air minum, makanan ringan, obat-obatan, maupun mematikan arus listrik di dalam rumah apabila banjir akan melanda. 

Sejumlah wilayah terdampak banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi, antara lain di Jawa Barat, banjir terjadi di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan meluapnya Sungai Ciherang dan Sungai Kampung.

Baca Juga: Hujan Deras, Kabupaten Subang di Kepung Banjir dan Longsor

Banjir meluas hingga mengakibatkan 13 kecamatan terdampak banjir, antara lain Kecamatan Babelan, Tambun Utara, Muara gembong, Cibitung, Cabangbungin, Cikarang Utara, Pebayuran, Sukawangi, Sukatani, Setu, Cikarang Timur, Cikarang Barat dan Tambun Selatan. 

Warga terdampak hingga mencapai 5.672 KK, sedangkan hingga Sabtu lalu 6 Februari tinggi muka air antara 10 hingga 150 cm. Data BPBD setempat per Minggu 7 Februari, banjir mengakibatkan 15 rumah rusak ringan dan 8 lainnya rusak berat.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x