BMKG: Akhir Tahun Bakal Terjadi Hujan Lebat, Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

- 25 Desember 2020, 19:24 WIB
Citra Satelit BMKG
Citra Satelit BMKG /BMKG/bmkg.go.id

 

Literasi News - Sebagian wilayah Indonesia pada akhir tahun, mulai dari 28 sampai 31 Desember 2020 akan diguyur hujan lebat, berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta dalam keterangan tertulis melalui laman resmi BMKG, Jumat 25 Desember 2020.

BMKG juga memprakirakan hujan lebat dengan curah hujan 50 sampai 100 mm per hari berpotensi terjadi pada 25 sampai 27 Desember 2020.

Baca Juga: Ade Barkah Jenguk Endang yang Sakit dan Tinggal di Rumah Gubuk Nyaris Roboh

Daerahnya meliputi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menyampaikan imbauan kepada pemerintah pusat dan daerah serta warga di daerah dengan potensi curah hujan tinggi hingga sangat tinggi agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, terus memantau informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG.

Menurut hasil pemantauan BMKG, hingga menjelang akhir Desember tahun 2020, sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan 15 persen sisanya belum memasuki musim hujan.

Baca Juga: Bundesliga Akhir Tahun 2020, Bayern Munich Puncaki Klasemen Sementara

Wilayah yang belum memasuki musim hujan meliputi Lampung bagian tengah dan timur, pesisir utara Banten, DKI Jakarta bagian barat, Jawa Barat bagian utara, sebagian Jawa Timur, dan Bali bagian selatan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x