Tempat Penemuan Arca di Lahat, Puluhan Tahun Lalu Kampung tapi Semua Warganya Pergi

- 13 Desember 2020, 20:10 WIB
Salah satu arca yang pernah ditemukan di daerah Lahat
Salah satu arca yang pernah ditemukan di daerah Lahat /https://kebudayaan.kemdikbud.go.id//


Literasi News - Penemuan sebuah arca manusia di Desa Rindu Hati Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, membuat heboh warga sekitar. Namun demikian, warga mengaku tak aneh apabila di daerah itu ada barang-barang purbakala.

Ketua Komunitas Pemerhati Wisata Paranomic of Lahat, Mario mengatakan, arca tersebut ditemukan di semak belukar. Dahulunya, lahan itu pernah dimanfaatkan warga sebagai perkebunan kopi. 

Baca Juga: 75 Calon Kades di Ciamis, Sumedang, Bogor dan Bekasi Siap Bertarung di Pilkades Serentak 2020

Arca berada sekitar 100 meter dari Sungai Selangis. Warga setempat bercerita bahwa lokasi ditemukannya arca tersebut, dulunya adalah sebuah kampung.

Namun, tanpa alasan yang jelas, puluhan tahun lalu, seluruh penduduknya meninggalkan kampung tersebut. Kini, kampung itu sama sekali tak ada penduduknya. 

Baca Juga: Fresh Graduate Ada Kabar Menarik Nih, BPPKP Cikole Lembang Buka Lowongan Pekerjaan

Mario mengatakan, dia menerima informasi soal temuan arca itu dari warga setempat bernama Suharsono. Kini, lokasi itu telah didata menjadi situs megalitikum ke-53 di wilayah tersebut.

Berdasarkan penelusurannya, lokasi arca manusia itu berdekatan dengan situs megalit lainnya yang ada di Desa Sumber Karya. Di Desa Sumber Karya, ada dua arca manusia, dua batu datar, dan dua tetralit.

Baca Juga: Asep Hilang Terbawa Arus Sungai Cibuni, Tim SAR Gabungan Masih Lakukan Pencarian

"Arca manusia ini temuan pertama selama tahun 2020. Sudah kami laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi untuk ditindaklanjuti terkait pembebasan lahan dan penunjukan juru pelihara situs," ujarnya, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 13 Desember 2020.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x