Guru kreatif: 4 Tips Mengembangkan Skill Membuat Video Pembelajaran yang Menarik Selama PJJ

- 12 November 2020, 09:45 WIB
Ilustrasi Belajar dari Rumah
Ilustrasi Belajar dari Rumah /

Literasi News - Banyak di antara kita yang tidak pernah membayangkan akan terjadi Pandemi Covid-19 seperti sekarang, sehingga merubah sistem dari berbagai sektor kehidupan, termasuk Pendidikan.

Saat ini, sistem pembelajaran yang biasa dilakukan di dalam kelas (offline) langsung, berubah menjadi sistem pembelajaran kontemporer seperti DARING (dalam jaringan) yang dilakukan secara (online) melalui berbagai platform pembelajaran digital, serta dikembangkan menggunakan media yang beragam.

Salah satunya, melalui media video pembelajaran bagi peserta didik. Di dalam media video pembelajaran bagi peserta didik, Guru dapat menuangkan materi pembelajaran dengan tampilan yang lebih menarik dan membuat materi pembelajaran terasa lebih asyik untuk dipelajari peserta didik.

Baca Juga: Mempesona! Rekomendasi Warna Hijab Bagi Perempuan Kulit Sawo Matang

Berikut tips mengembangkan skill membuat kreasi video pembelajaran yang menarik selama PJJ:

1. Siapkan Gadget / PC / Laptop
Langkah pertama mengembangkan skill untuk membuat kreasi video pembelajaran adalah menyiapkan alat atau sarana pembelajaran yang akan digunakan oleh Guru. Alat atau media yang akan digunakan sebaiknya memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai untuk mendukung pembuatan kreasi video pembelajaran.

2. Mengunduh Aplikasi Edit video
Bagi Guru yang belum terbiasa membuat video pembelajaran, mengunduh aplikasi pembuat atau pengedit video bisa membantu penyesuaian awal untuk mengasah keterampilan dalam membuat kreasi video pembelajaran.

Baca Juga: Bangun Tidur Tetap Glowing! Dengan 3 Langkah Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Saat ini banyak sekali aplikasi pembuat atau pengedit video yang ringan untuk digunakan bagi pemula seperti Kine Master, Filmorago, VivaVideo, VideoShow dan masih banyak lagi. Aplikasi pembuat video tersebut dapat dengan mudah diunduh di Google Playstore ataupun laman pengunduh aplikasi lainnya.

3. Siapkan Tema untuk Konten Video Pembelajaran
Saat akan memulai menggabungkan materi pembelajaran ke dalam aplikasi pembuat video, penting untuk memilih tema untuk konten video pembelajaran.

Penambahan tema yang menarik dapat digunakan di dalam cover video maupun isi video secara keseluruhan. Dengan memilih tampilan warna tema yang lucu seperti warna-warna ceria: kuning, biru muda atau warna-warna lainnya yang dapat menjadikan tema video semakin menarik.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x