Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Pancaroba, Coba 6 Tips Ini

- 3 Oktober 2020, 12:53 WIB
Ilustrasi Olah Raga
Ilustrasi Olah Raga /Pixabay/

Literasi News - Musim pancaroba selalu identik dengan panas terik di siang hari, namun tiba-tiba hujan deras di malam hari. Musim pancaroba diartikan sebagai peralihan dari musin kemarau menuju musim hujan atau bahkan sebaliknya.

Hadirnya pergantian musim ini bisa menimbulkan daya tahan tubuh menurun dan memicu berbagai penyakit yang menyerang tubuh, misalnya demam berdarah, tifus, diare, dan flu.

Dilansir literasinews.com dari laman halodoc.com, akibat hal ini, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal. Jika tidak, maka tubuh kesulitan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca. Kamu jadi rentan terserang penyakit. Nah, begini tips menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba.

Baca Juga: Bermodalkan Kain Perca, Cara Muji Harrismoko Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

1.Makan Makanan Bergizi

Pejuang sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan makanan yang baik untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu. Mulai sekarang, kamu wajib banyak makan sayuran dan buah, serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak.

2. Jangan Lupa Cukup Minum

Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus menjaga konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

3. Cukup Tidur

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x