7 Tips Memilih Buah Segar, Dimasa Pandemi

- 16 September 2020, 08:45 WIB
/Ilustrasi/
 
LiterasiNews- Di tengah pandemi saat ini,  setiap orang wajib menjaga asupan gizi agar imunitas tubuh tetap kuat sehingga tidak mudah terapar oleh virus. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin yaitu buah-buahan. 
 
Buah adalah salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Di masa pandemi ini, mengkonsumsi buah bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan. 
 
Namun, di pasar atau supermarket biasanya terdapat banyak jenis buah dengan berbagai kondisi. Oleh karena itu kamu harus pintar-pintar memilih mana buah yang matang dan berkualitas baik.
 
Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba saat berbelanja memilih buah:
 
1. Pilih buah yang berwarna cerah
 
Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika memilih buah adalah dengan melihat warnanya. Pasalnya, warna buah bisa menentukan tingkat kematangannya. Buah yang berwarna cerah dan mulus biasanya memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya, hindari buah yang warnanya terlalu pucat atau terlalu tua. Biasanya buah yang warnanya terlalu pucat menandakan bahwa buah tersebut belum cukup matang. Sedangkan buah yang warnanya terlalu tua bertada buah sudah mulai busuk.
 
 2. Cek kulit buah sebelum membeli
 
Untuk tahu apakah buah yang kamu beli sudah matang atau belum, kamu juga bisa cek dari kulitnya. Buah yang masih segar biasanya memiliki kulit yang bagus atau tidak rusak. Sementara buah yang tidak segar biasanya ditandai dengan kulit yang mulai keriput, lembek, atau rusak.
 
 
 3. Coba tekan dan perhatikan teksturnya
 
Setelah melihat warna dan kulitnya, tips memilih buah-buahan yang segar lainnya adalah kamu dapat lihat dan teksturnya. Coba tekan bagian badan buah. Buah yang sudah matang biasanya memiliki tekstur yang empuk tetapi tidak lembek. Sebaiknya hindari buah yang tekstur dagingnya masih keras karena biasanya belum bisa langsung dimakan alias masih mentah.
 
 4. Cium aromanya untuk tahu kualitasnya
 
Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang selanjutnya adalah dengan mencium aroma buah. Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan terkadang cenderung manis. Sedangkan buah yang belum matang biasanya cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, hindari juga buah yang berbau asam dan menyengat karena bisa jadi buah tersebut telah busuk.
 
Selain empat cara tadi, ada beberapa cara lain yang perlu kamu ikuti untuk memilih buah-buahan yang segar dan matang, terutama alpukat dan buah naga. Yuk, lihat tips-nya di bawah ini!
 
 
5. Periksa kelopak yang menutupi kulit buah naga 
 
Sama halnya seperti daun, saat membeli buah naga pastikan pula kelopak yang menutupi kulit buah naga berwarna cerah dan tidak memiliki tanda berupa warna kecoklatan, untuk memastikan buah naga masih segar dan memiliki kualitas yang baik.
 
6. Perhatikan letak biji alpukat sebelum membeli 
 
Cara memilih alpukat matang selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan letak biji alpukat. Kamu pasti bingung bagaimana menerapkan cara ini ketika alpukat belum dibelah bukan? Cara ini sebetulnya adalah cara tradisional untuk memilih alpukat.
 
Biji buah yang sudah matang biasanya mudah terlepas dari dagingnya, untuk itu coba goyangkan alpukat dan dengarkan pantulan bijinya. Biji alpukat yang sudah matang biasanya tidak menempel pada dagingnya sehingga akan terdengar bunyi pantulan bijinya apabila digoyangkan. Selain itu, alpukat yang sudah matang juga biasanya lebih ringan dibandingkan dengan yang masih mentah.
 
 
 7. Lihat bagian bawah alpukat untuk memastikan tingkat kematangannya
 
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memastikan alpukat yang kamu beli sudah matang adalah dengan memeriksa bagian bawah buah, tempat tumbuhnya batang alpukat. Jika lubang tempat tumbuhnya batang tersebut berwarna hijau berarti alpukat sudah matang. Sedangkan, jika berwarna kecokelatan artinya alpukat masih mentah.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X