Berikut ini Tiga Jadwal Seleksi PPPK 2021. Mendikbud Tegaskan Semua Guru Honorer Bisa Ikut Seleksi

- 16 Maret 2021, 20:40 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim, berikut ini tiga jadwal Seleksi PPPK 2021. Ia menegaskan semua guru honorer bisa ikut seleksi
Mendikbud Nadiem Makarim, berikut ini tiga jadwal Seleksi PPPK 2021. Ia menegaskan semua guru honorer bisa ikut seleksi /Dok. Kemendikbud/kemdikbud.go.id

Literasi News - Tahun 2021, rekrutmen guru PPPK ada tiga jadwal pelaksanaan seleksi, yakni Agustus, Oktober, dan Desember. Dengan demikian setiap guru honorer peserta seleksi diberi kesempatan mengikuti tiga kali ujian.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, pada saat rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di antaranya membahas seleksi PPPK dan kebijakan afirmasi pada pekan lalu.

Mendikbud mengatakan salah satu bentuk kebijakan afirmasi dalam seleksi guru ASN PPPK 2021, ujian seleksi pertama hanya untuk guru honorer di sekolah negeri masing-masing daerah.

Baca Juga: Bikin e-KTP, KK, Akta Kelahiran dan Lainnya di Tasikmalaya Cukup Gunakan WhatsApp, Begini Caranya

Sementara dua jadwal seleksi PPPK lagi, yakni ke dua dan ketiga, terbuka untuk semua guru honorer maupun lulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG). 

Dikatakannya, seleksi PPPK kesempatan pertama dilakanakan pada bulan Agustus 2021. Kemudian kesempatan kedua akan berlangsung bulan Oktober 2021. Sedangkan kesempatan ketiga dilaksanakan bulan Desember 2021.

"Semua guru honorer tetap dapat mengikuti seleksi. Guru yang mengajar di daerah tanpa formasi dapat mendaftar di daerah lain," kata Mendikbud melalui laman resmi Kemendikbud.

Baca Juga: Live, Nanti Malam di SCTV, Real Madrid vs Atalanta. Jadwal Liga Champions 17 Maret 2021

Dijelaska mendikbud, guru yang melewati batas nilai kelulusan tahun ini, tetapi tidak mendapat formasi dari Pemdanya, maka peserta tersebut dapat menggunakan nilai hasil tes tahun ini pada tahun selanjutnya.

Selain itu, lanjutnya, Kemendikbud juga menyediakan materi pembelajaran daring untuk membantu kesiapan mengikuti ujian seleksi guru ASN PPPK. Sebanyak 256.795 guru telah mengakses situs Guru Belajar dan Berbagi. Kemudian 101.815 guru telah bergabung pula dalam forum diskusi.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x