Program Bataru dari Pemprov Jabar, Rumah Bersudsidi untuk Penyelenggara Pendidikan PAUD hingga SMA

- 26 November 2020, 11:54 WIB
Program bakti padamu guru (bataru) Jawa Barat, ada 20.000 rumah subsidi untuk guru dan tenaga kependidikan
Program bakti padamu guru (bataru) Jawa Barat, ada 20.000 rumah subsidi untuk guru dan tenaga kependidikan /Instagram/@disdikjabar

Literasi News - Pada Rabu, 25 November 2020, Pemprov Jabar telah meluncurkan Program Bataru (Bakti Padamu Guru). Program itu ialah pengadaan rumah bersubsidi yang bisa dibayar secara dicicil.

Program rumah bersubsidi itu diresmikan agar para penyelenggara pendidikan bisa memiliki rumah sendiri. Pasalnya, hingga saat ini, masih banyak penyelenggara pendidikan yang belum memiliki sehingga pindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya.

"Oleh karena itu Pemda Provinsi Jabar mencoba meningkatkan kesejahteraan para penyelenggara pendidikan. Meningkatkan kesejahteraan itu tidak selalu harus dengan meningkatkan pendapatan, tapi bisa juga dengan menurunkan pengeluaran. Jadi, yang biasanya uang dipakai untuk kontrak rumah, bisa digeser untuk menyicil rumah milik sendiri dengan program Bataru ini,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Penjaga Sekolah pun Bisa Punya Rumah Berkat Program Bataru, Ini Persyaratannya

Penyelenggara pendidikan tersebut tidak hanya untuk SMA, sesuai kewenangan Pemprov Jabar. Ridwan memastikan, penyelenggara pendidikan yang bisa mendaftar untuk mendapatkan rumah bersubsidi itu mulai dari level PAUD hingga SMA/sederajat.

Penyelenggara pendidikan, kata Ridwan, tak sebatas guru. Artinya, tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, hingga penjaga sekolah. Intinya, semua yang terlibat dalam penyelenggara pendidikan.

Namun, ada syarat khusus yaitu belum memiliki rumah dan penghasilannya di bawah Rp8 juta per bulan.

Baca Juga: 20.000 Rumah Subsidi Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di Jabar, Tersebar di 17 Kota Kabupaten

Cicilan murah
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar Dedi Supandi mengungkapkan, MoU Pemda Provinsi Jabar dengan bank bjb untuk program rumah bersubsidi merupakan kabar gembira bagi para guru dan tenaga kependidikan.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x