Layanan SELALU SAMAWA Kota Padang Panjang, Begitu Menikah Langsung Terima e-KTP dan KK Baru

- 16 Maret 2021, 14:56 WIB
Layanan SELALU SAMAWA Kota Padang Panjang, Begitu Menikah Langsung Terima e-KTP dan KK Baru
Layanan SELALU SAMAWA Kota Padang Panjang, Begitu Menikah Langsung Terima e-KTP dan KK Baru /Tangkapan Layar YouTube

Literasi News - Di Kota Padang Panjang, bagi warga yang menikah bisa langsung mendapat dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP baru. Hal itu diwujudkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang melalui layanan SELALU SAMAWA.

"Nama SELALU SAMAWA merupakan akronim dari Setelah Melangsungkan Akad Semua Dokumen Langsung Dibawa," kata Kepala Disdukcapil Kota Padang Panjang, Maini,

Ia mengatakan inovasi SELALU SAMAWA pada dasarnya memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang baru menikah. Mereka bisa langsung mendapatkan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP yang baru.

Baca Juga: Kabar KPK : Rumah Bupati Bandung Barat Digeledah, KPK Beri Bocoran Status Aa Umbara

“Pada saat calon pengantin mengajukan permohonan nikah ke KUA (Kantor Urusan Agama), petugas KUA mengirimkan berkas calon pengantin ke Disdukcapil untuk diproses dokumen kependudukannya, sehingga setelah akad pengantin bisa langsung menerima dokumen e-KTP dan KK,” kata Maini.

Layanan SELALU SAMAWA Disdukcapil Kota Padang Panjang, Begitu Menikah Langsung Terima e-KTP dan KK Baru
Layanan SELALU SAMAWA Disdukcapil Kota Padang Panjang, Begitu Menikah Langsung Terima e-KTP dan KK Baru Tangkapan Layar YouTube

Dikutip Literasinews dari laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri, inovasi tersebut telah dilaunching tanggal 4 Januari 2020 lalu. Tujuannya, memudahkan masyarakat, sekaligus melakukan updating data kependudukan khususnya data mengenai status perkawinan penduduk.

Pada laman tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Ariif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya.

Baca Juga: Dana Taperum Tahap II Pensiunan PNS Sudah Cair Maret 2021. Segera Cek Saldo

Menurutnya, inovasi SELALU SAMAWA penting untuk menciptakan iklim layanan adminduk yang dekat dan suportif terhadap pembenahan data kependudukan secara berkelanjutan.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x