Buat Akta Kelahiran, Kematian, KK, dan KIA Gunakan SIPILA Online, Lebih Mudah serta Bisa Lewat Smartphone

- 7 Maret 2021, 17:38 WIB
Buat Akta Kelahiran, Kematian, KK, dan KIA Gunakan SIPILA Online, Lebih Mudah serta Bisa Lewat Smartphone
Buat Akta Kelahiran, Kematian, KK, dan KIA Gunakan SIPILA Online, Lebih Mudah serta Bisa Lewat Smartphone /Disdukcapil Kabupaten Purwakarta

Literasi News - Untuk membuat Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga (KK) termasuk termasuk Kartu Identitas Anak (KIA), warga Kabupaten Purwakarta bisa menggunakan layanan SIPILA Online. Di tengah wabah covid-19, masyarakat diminta untuk mempergunakan layanan online tersebut.

Selain Layanan ADM (Ajungan Dukcapil Mandiri), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta telah memiliki layanan Administrasi Kependudukan daring yakni SIPILA Online ( Sistem Informasi Pendaftaran Terintegrasi Layanan Adminduk ) untuk mengurus pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga (KK) termasuk termasuk Kartu Identitas Anak (KIA)

Dikutip dari laman resmi Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, SIPILA bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan khususnya pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan KK termasuk termasuk KIA.

Baca Juga: Ridwan Kamil Nilai Kampung Tangguh Jaya di Bodebek Mampu Tekan Laju Covid-19. Minggu Ini Tak Ada Zona Merah

Dalam pelayanan online SIPILA, jika telah terdaftar dan terverifikasi, masyarakat akan dihubungi oleh petugas pelayanan melalui pesan singkat (SMS). Nantinya, masyarakat bisa langsung mengambil berkas akta kelahiran yang baru dengan membawa syarat berkas yang sudah terverifikasi.

Terintegrasinya dalam satu layanan SIPILA memudahkan masyarakat yang ingin membuat akta lahir, akta Kematian dan KK termasuk KIA. Khusus Pendaftaran Akta Kelahiran Online yang datang mengambil Akta Kelahiran nantinya cukup pelapor saja yaitu Ayah atau Ibunya, tanpa harus menghadirkan atau mendatangkan dua orang saksi.

Buat Akta Kelahiran, Kematian, KK, dan KIA Gunakan SIPILA Online, Lebih Mudah serta Bisa Lewat Smartphone
Buat Akta Kelahiran, Kematian, KK, dan KIA Gunakan SIPILA Online, Lebih Mudah serta Bisa Lewat Smartphone Disdukcapil Purwakarta

Aplikasi SIPILA Online yang telah berjalan di website dikembangkan dalam aplikasi sistem android, sehingga bisa mendownload nya di play store dengan kata kunci ‘Disdukcapil Purwakarta’. Aplikasi SIPILA Online ini akan memudahkan masyarakat. Sebab menunya sudah disederhanakan, sehingga mudah dipahami oleh masyarakat.

Baca Juga: 14 Jabatan Tinggi Pratama Kosong di Kabupaten Garut. Bupati: Dua Pekan Ke Depan akan Ada Lelang

Saat ini di SIPILA baru tersedia menu Akte Kelahiran dibawah 5 tahun dan Kartu Identitas Anak (KIA) diatas 5 tahun, ke depan kemungkinan aplikasi ini akan terus berkembang dengan tambahan menu-menu pembuatan dokumen kependudukan lainnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x