Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa, Bupati Bogor Ade Yasin Luncurkan Program Satu Miliar Satu Desa

- 17 Februari 2021, 20:22 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin membuat terobosan dengan meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade
Bupati Bogor Ade Yasin membuat terobosan dengan meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade / ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Literasi News - Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin kembali membuat terobosan terbaru yaitu meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade.

"Tidak semua (nominalnya) sama Rp1 miliar, tergantung usulan program dan potensi di desa. Sejauh ini masih diverifikasi, ada 214 desa mendapatkan Rp1 miliar, dan terendah satu desa mendapat Rp200 juta, itu hanya empat desa,” kata Ade Yasin dikutip Literasinews dari laman Antara.

Peluncuran program Samisade ini dilaksanakan di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Rabu, 17 Februari 2021.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Siap Digunakan, Berikut ini Penjelasan Kepala BPOM

Ade Yasin mengatakan program ini dari APBD tahun 2021 yang totalnya mencapai Rp311,83 miliar dengan sasaran 349 desa di 38 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Dalam pelaksanaanya, Ade Yasin mengungkapkan program Samisade hanya dapat digunakan untuk infrastruktrur yang melibatkan masyarakat melalui sistem padat karya.

Melalui program ini ia berharap bisa meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan. Sehingga bisa menyeimbangkan pertumbuhan dan perekonomian dengan membaiknya infrastruktur desa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skin Care Pemula untuk Dapatkan Hasil Bare Face Look

“Bagaimana perekonomian desa bisa meningkat jika infrastrukturnya jelek. Kita semua tahu bahwa alokasi dana desa dan dana desa banyak terkena refocussing untuk penanganan COVID-19. Oleh karena itu kami beri stimulus ini,” katanya.

Nantinya Pemerintah Desa akan diberi arahan oleh Pemda Bogor agar mengajukan programnya untuk untuk peningkatan infrastruktur akses pariwisata, perekonomian dan akses perbatasan desa.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x