Istilah Medis yang Dialami Siti Melahirkan Hanya Satu Jam Hamil Disebut Cryptic Pregnancy atau Kehamilan Samar

- 15 Februari 2021, 17:45 WIB
Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi,  Istilah Medis yang Dialami Siti, Melahirkan Hanya Satu Jam Hamil Disebut Cryptic Pregnancy atau Kehamilan Samar.
Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi, Istilah Medis yang Dialami Siti, Melahirkan Hanya Satu Jam Hamil Disebut Cryptic Pregnancy atau Kehamilan Samar. /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Kejadian yang dialami Siti Zainah (25) warga Kampung Gabungan RT 02/02 Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang melahirkan bayi perempuan hanya hamil mendapat perhatian dinas kesehatan setempat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzi mengatakan yang dialami ibu dua anak itu dalam istilah medis disebut cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Meskipun kasus terbilang langka, tetapi bisa terjadi dan menimpa siapa saja.

"Dalam istilah medis, kasus itu disebut cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Dimana seseorang tidak merasa hamil, padahal sebenarnya sedang hamil,” kata Irvan kepada wartawan, Senin 15 Februari 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Optimistis 2021 Perekonomian Jabar Terus Tumbuh, Didukung 13 Kota Kabupaten Telah Bentuk KPED

Menurutnya, kehamilan samar harus dicegah karena bisa berakibat buruk bagi perkembangan bayi dalam rahim dan juga pada saat persalinan.

Pasalnya, perempuan yang mengalami kehamilan samar tidak ada persiapan menjelang proses persalinan atau asupan gizi yang kurang pada bayi selama dalam kandungan.

"Kebetulan pada bayi ini tidak terjadi. Namun, kaum perempuan tentunya perlu lebih peduli, lebih memperhatikan lagi soal kesehatan reproduksi," ucap Irvan.

Baca Juga: Longsor di Ngentos Nganjuk Jatim, 16 Orang Masih Dalam Pencarian, dua Meninggal dan Tiga Luka Luka

Sebelumnya, Siti Zainah (25), seorang ibu muda membuat geger setelah melahirkan anak keduanya. Pasalnya, warga Kampung Gabungan, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Cianjur itu mengaku tidak merasa hamil.

Diceritakan, satu jam sebelum melahirkan, ia baru merasakan perutnya sakit selama 15 menit kemudian membuncit. Setelah diperiksa bidan, ia ternyata dalam kondisi hamil dan akan segera melahirkan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah