17.000 RW Disiapkan Jadi Relawan Satgas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut

- 14 Desember 2020, 16:49 WIB
Ilustrasi Covid 19
Ilustrasi Covid 19 /Dok. Satgas covid19/

Literasi News - Bupati Garut, Rudy Gunawan menyiapkan 17.000 Rukun Warga (RW) di Kabupaten Garut menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Garut. Demikian dilansir humas Pemkab Garut, melalui laman jabarprov.go.id.

Hal tersebut disampaikan Bupati Garut, dalam Apel Gabungan Terbatas yang dilaksanakan di Lapang Sekretariat Daerah Garut, Senin 14 Desember 2020. Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementrian Dalam Negeri.

“Saya telah meminta untuk merealisasikan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, (bahwa) kepada para Gubernur dan para Bupati untuk segera membuat (membentuk) Satgas sampai di tingkat Rukun Warga,” ujar Rudy.

Baca Juga: Terkait Korupsi Rp323,7 miliar, Enam Pejabat PT DI Diperiksa di Polrestabes Bandung

Rudy mengatakan, tugas satgas di lingkungan RW ini merupakan tugas sebagai relawan kemanusiaan selama masa pandemi Covid-19. “Alhamdulillah sekarang kita sudah membentuk satgas tingkat warga, kurang lebih ada 17 ribu orang yang hari ini kita resmikan dan mereka memiliki tugasnya masing-masing sebagai relawan kemanusiaan,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Rudy, para relawan ini akan memberikan petunjuk dan solusi terkait gejala-gejala yang berhubungan dengan Virus Corona. “Mereka akan memberikan petunjuk dan solusi kepada warga di sekitarnya bila ada seseorang di sekitarnya memiliki gelaja Covid-19 seperti batuk, demam tinggi, sesak nafas. Maka segera hubungi Faskes (Fasilitas Kesehatan) terdekat,” ungkap Rudy.

Bupati Garut menyebutkan, para ketua Rukun Tetangga (RT) dan RW itu merupakan relawan yang bekerja demi masyarakat tanpa imbalan yang pasti dan sesuai dengan martabatnya.

Baca Juga: Diduga Sunat Uang Dinas dan Dapat Suap Tanah 20 Ha, Rachmat Yasin Segera Disidang di Bandung

“Tentu ini akan menyebar di kurang lebih 17.000 RT/RW dan semuanya menjadi Satgas Covid-19  secara bertahap dan berjenjang," katanya.

Menurutnya, Camat melakukan interaksi terhadap kepala-kepala desa langsung kepada RW. RT dan RW masih ada hubungan dengan Pemerintah Kabupaten Garut, karena RT dan RW setiap bulannya menerima insentif.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x