Nikmat dan Pulen, Nasi Akeul Dimasak Pakai Aseupan Ala Warung Nasi Abas

- 8 November 2020, 13:35 WIB
Cara masak nasi di Warung Abas Kawali menggunakan Aseupan
Cara masak nasi di Warung Abas Kawali menggunakan Aseupan /Literasi News/Dedi Setiadji

Literasi News - Berdiri sejak tahun 1997, warung nasi Abas sudah dikenal masyarakat Kawali dan sekitarnya. Bahkan menurut orang kawali sendiri warung nasi Abas ini sudah dikenal seantero Priangan Timur.

Secara umum tidak ada yang istimewa di Warung Nasi ini, lokasinya di desa Kawalimukti, Kecamaran Kawali Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berada di kaki Gunung Syawal.

Kondisi bangunannya sedehana, layaknya warung nasi pinggiran yang sering kita temui di perkotaan. Letak warung berdekatan dengan rumah tinggal pemilik warung, H. Abas. Ini tidak berubah dari sejak berdirinya.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 11 Cek di Sini

Menu yang disajikan amat sederhana, hanya Ayam goreng dengan potongan ala rumahan, ikan bandeng goreng, telur dan aneka tumis seperti jamur, tempe, buncis dan sayuran lain yang dikemas plastik biasa.

Tak ketinggalan goreng bala-bala. Selain itu ada juga pete yang dapat anda order sesuai selera, mau mentah, dibakar, direbus ataupun digoreng.

Salah satu yang menarik dari warung ini, meski tidak berkonsep open kitchen tetapi pelanggan bisa melihat dapur nya. Kita pun bebas wara wiri di dapur warung tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Mendapatkan Voucher Gratis Tiket KA di PT KAI wilayah Daop 2

Warung Nasi Abas Kawali Ciamis
Warung Nasi Abas Kawali Ciamis Dedi Setiadji
Di dapur ini kita bisa menyaksikan cara memasak nasi yang masih menggunakan alat tradisional. Metode seperti ini dipercaya dapat menghasilkan nasi yang pulen dan nikmat apalagi disantap saat masih panas.

"Nasinya diolah memakai aseupan dan diakeul sebelum disajikan sehingga nasinya jadi pulen dan nikmat," ujar Iis salah seorang pengunjung yang ditemui saat itu.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x