Leuwi Kanjeng Daleum, Surga Tersembunyi yang Indah dan Eksotik di Cibalong, Garut

- 22 Oktober 2020, 07:10 WIB
Sejumlah pengunjung menikmati wisata kukuyaan dan arung jeram di Leuwi Kanjeung Daleum, Kabupaten Garut.
Sejumlah pengunjung menikmati wisata kukuyaan dan arung jeram di Leuwi Kanjeung Daleum, Kabupaten Garut. /Humas Pemkab Garut/


Literasi News - Kabupaten Garut memiliki sejumlah tempat wisata alam yang indah. Namun, beberapa ada yang belum terekspos dengan baik.

Selain itu, juga karena akses yang belum mumpuni seperti jalan yang masih jelek. Hal ini membuat masyarakat, khususnya dari luar kota, enggan mengunjungi lokasi.

Salah satu tempat wisata alam yang potensial itu ialah Leuwi Kanjeng Daleum di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Obyek wisata air ini berjarak sekitar 96 kilometer dari Garut Kota.

Baca Juga: Diblokir di Sejumlah Negara, Aplikasi TikTok Pertemukan Kembar Trena-Treni asal Tasikmalaya

Obyek Wisata Air Leuwi Kanjeng Daleum ini memanfaatkan aliran Sungai Cisanggiri. Sungai ini sekaligus menjadi pembatas antara Kecamatan Cibalong dan Kecamatan Cisompet.

Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati wisata air sungai seperti arung jeram, menggunakan perahu karet. Selama perjalanan, bisa menikmati indahnya panorama alam di sekeliling arus yang dilalui.

Lalu, dari mana asal mula penggunaan istilah kanjeng daleum tersebut? Soal ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Garut Budi Gan Gan, punya kisahnya.

Baca Juga: Terselip Cerita Kelam Kerusuhan Ambon 1999 di Balik Kisah Si Kembar Trena - Treni

Konon, kata Budi, asal-usul nama Leuwi Kanjeng Daleum itu berawal dari kedatangan seorang kanjeng daleum ke daerah itu. Daleum dalam bahasa Sunda bisa diartikan seseorang yang memiliki jabatan di pemerintahan.

Kedatangan daleum tersebut ke daerah itu bertujuan untuk mencari sumber mata air di sekitar selatan. Air yang sangat diperlukan untuk kebutuhan warga sekitar.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x