Muhasabah Pagi : Peristiwa di Alam Semesta Termasuk Bencana merupakan Ayat-ayat Nya, Bukti Kebesaran Allah SWT

- 10 Desember 2021, 07:13 WIB
Muhasabah Pagi : Peristiwa di Alam Semesta Termasuk Bencana merupakan Ayat-ayat Nya, Bukti Kebesaran Allah SWT
Muhasabah Pagi : Peristiwa di Alam Semesta Termasuk Bencana merupakan Ayat-ayat Nya, Bukti Kebesaran Allah SWT /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Allah SWT mengingatkan manusia tidak hanya melalui penjelasan pada ayat-ayat Nya dalam al-Qur'an. Namun sering kali mengingatkan manusia melalui kejadian-kejadian pada alam semesta yang ada di sekitar kita.

Alam tidak hanya sebagai fenomena yang dapat kita lihat saja, alam merupakan ayat-ayat Nya yang dapat kita saksikan kebesaran Allah SWT melalui ciptaan-Nya.

Tentunya ini dapat dirasakan oleh orang-orang yang memiliki keseimbangan antara iman (keyakinan) kepada-Nya dan kematangan ilmu pengetahuan melalui pemikiran yang mendalam mengenai fenomena alam (Ali 'Imran [3]: 190-191).

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Perjalanan Menuju Kampung Akhirat, Siapkan Bekal Selama Hidup di Dunia

Beberapa hari yang lalu terjadinya erupsi gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, kejadian ini tentu tidak hanya suatu fenomena bencana, melainkan salah satu dari "ayat-ayat Nya". Kejadian itu merupakan peringatan untuk kita semua akan Maha Besarnya Allah SWT pada setiap makhluknya. Sebab tidak mungkin peristiwa itu terjadi dengan sendirinya, tanpa kehendak-Nya, sesuai dengan firman-Nya:

اللَّهُ الَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوٓا أَنَّ اللَّهَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًا

"Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu."
(QS. Ath-Thalaq [65]: Ayat 12)

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Imam Al-Ghazali 'Yang Paling Dekat dengan Diri Kita adalah Kematian'

Bagi yang beriman kepada Allah SWT kejadian ini tentu tidak hanya dilihat sebatas fenomena bencana alam. Namun merupakan pelajaran berharga untuk meningkatkan keimanan kepada-Nya, tidak hanya menyadari bahwa kita ini makhluk yang tidak berdaya di hadapan-Nya, tetapi boleh jadi Allah SWT mengingatkan kita semua pada dosa-dosa yang telah kita lakukan, sehingga menggerakkan salah satu ciptaan-Nya untuk mengingatkan dosa dan kesalahan kita semua. Semoga bermanfaat.***

(H. Asep Dadan Wildan, M.A
'YAYASAN KARTIJAH FIRDAUS PONDOK PESANTREN & SMP BPPI BOJONG BANDUNG')

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x