Muhasabah Pagi: Kehidupan di Dunia Sangat Singkat, Manfaatkan Waktu yang Tersisa Sebaik baiknya

- 19 November 2021, 07:45 WIB
H. Asep Dadan Wildan, M.A. Muhasabah Pagi: Kehidupan di Dunia Sangat Singkat, Manfaatkan Sebaik baiknya Waktu yang Tersisa
H. Asep Dadan Wildan, M.A. Muhasabah Pagi: Kehidupan di Dunia Sangat Singkat, Manfaatkan Sebaik baiknya Waktu yang Tersisa /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A

Literasi News - Kesibukan manusia hidup di dunia dengan berbagai aktifitas yang terus silih berganti antara waktu demi waktu, sehingga waktu pun tak terasa berlalu begitu singkat.

Sang waktu terus bergulir, pekan bertemu pekan berikutnya, bulan bertemu bulan berikutnya, atau tahun bertemu tahun berikutnya, semuanya terasa sangat cepat. Seakan baru kemarin kita masih dikelilingi orang-orang yang kita cintai, tak terasa seiring berjalannya waktu, orang-orang yang kita cintai satu demi satu meninggalkan kita. Sangat singkat rasanya hidup ini.

Perasaan singkat hidup di dunia ini tidak hanya dirasakan oleh manusia pada saat ini saja, singkatnya kehidupan akan dirasakan juga kelak oleh manusia nanti, yakni pada saat dihadapkan pada hebatnya situasi hari kiamat dan hari kebangkitan nanti. Keadaan itu digambarkan Allah SWT dalam firman-Nya:

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Walaupun Sepele, Hal Ini Bisa Membuat Seseorang Tidak Masuk Surga

كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوٓا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحٰىهَا

"Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari."
(QS. An-Nazi'at [79]: Ayat 46)

Sungguh sangat rugi bagi manusia yang tidak dapat memanfaatkan waktu yang singkat di alam dunia ini untuk dijadikan modal bagi kebahagiaan abadi kelak di akhirat.

Dari rangkaian kehidupan panjang yang manusia akan lalui, kehidupan di dua alam telah kita lalui (alam ruh dan alam rahim). Kemudian sedang kita lalui (alam dunia), serta akan kita lalui (alam barzakh dan alam makhsyar). Hanya kehidupan di alam dunia yang nantinya akan menjadi modal untuk kebahagiaan abadi di akhirat kelak.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Jangan Pilih-pilih Kenalan, Tapi Harus Pandai Memilih Teman Dekat

Allah SWT berfirman:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x