Muhasabah Pagi: Jangan Pilih-pilih Kenalan, Tapi Harus Pandai Memilih Teman Dekat

- 4 November 2021, 07:34 WIB
H. Asep Dadan Wildan, M.A., Muhasabah Pagi: Jangan Pilih-pilih Kenalan, Tapi Harus Pandai Memilih Teman Dekat
H. Asep Dadan Wildan, M.A., Muhasabah Pagi: Jangan Pilih-pilih Kenalan, Tapi Harus Pandai Memilih Teman Dekat /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A

Literasi News - Dalam kehidupan, teman akrab atau teman dekat memiliki peranan sangat penting. Sebab disamping akan menghilangkan rasa kesepian juga merupakan teman untuk saling berbagi pengalaman, memberikan dukungan emosional, dan dapat membantu mengembangkan diri.

Pentingnya teman dekat bagi seseorang sehingga bisa menjadi cerminan dirinya. Dalam kehidupan sosial, seseorang cenderung akan memilih persamaan dalam diri orang lain untuk dijadikan teman dekatnya.

Teman dekat yang baik selalu mengajak kepada ketaqwaan kepada Allah SWT, tentu akan membawa kebaikan bagi orang lain, bukan hanya untuk kehidupan di dunia, tetapi akan membawa pula kebaikan di akhirat.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: 3 Kelompok Manusia dalam Memperlakukan Al-Qur'an, Salah Satunya akan Masuk Surga Tanpa Hisab

Sebaliknya, teman dekat tidak akan baik bila pertemanannya hanya karena urusan dunia. Di akhirat kelak akan saling bermusuhan. Sebab mereka akan mandapati yang menjadikannya dekat di dunia adalah yang menyebabkan adzab bagi mereka di akhirat. Inilah yang dijelaskan dalam salah satu firman Allah SWT:

الْأَخِلَّآءُ يَوْمَئِذٍۢ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

"Teman-teman dekat pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa."
(Az-Zukhruf [43]: Ayat 67)

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Dua Manfaat Besar Alam Semesta Diciptakan Allah SWT Bagi Manusia

Bahkan salah satu penyesalan seseorang di akhirat kelak ketika telah dihadapkan pada siksa Allah SWT, salah satu penyesalannya kenapa ketika di dunia tidak berteman dekat dengan orang-orang yang baik yaitu orang yang dapat membawanya kepada kebaikan di dunia dan akhirat.

يٰوَيْلَتٰى لَيْتَنِى لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x