Muhasabah Pagi: Tiga Sektor Perdagangan Ini, Allah SWT Janjikan Tidak akan Mengalami Kerugian

- 29 Juli 2021, 07:15 WIB
Muhasabah Pagi: Tiga Sektor Perdagangan Ini, Allah SWT Janjikan Tidak akan Mengalami Kerugian
Muhasabah Pagi: Tiga Sektor Perdagangan Ini, Allah SWT Janjikan Tidak akan Mengalami Kerugian /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Pandemi berdampak pada semua bidang kehidupan, termasuk salah satunya sektor bisnis dan perdagangan. Tidak sedikit diantaranya yang mengalami kerugian bahkan gulung tikar karena keadaan ini.

Sektor bisnis dan perdagangan salah satu bidang yang sangat rawan mengalami kerugian, jika tidak pandai dalam membuat set plan perdagangan yang akan dilakukannya.

Namun ada beberapa jenis perdagangan yang dijamin tidak akan mengalami kerugian, bahkan sebaliknya akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar bagi siapapun yang melakukannya, seperti yang tercantum dalam firman Allah SWT berikut ini:

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتٰبَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجٰرَةً لَّنْ تَبُورَ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan sholat dan menginfaqkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,"
(QS. Fatir [35]: 29)

Baca Juga: Rahmat Erwin Abdullah Raih Medali Ketiga Indonesia Cabang Angkat Besi Olimpiade Tokyo 2020

Bagi pebisnis muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT maka sejatinya dia tidak akan pernah merasa rugi melakukan tiga hal di atas, karena dia meyakini dan menyadari hakekat bisnis yang ia lakukan bukan mengejar keuntungan duniawi, bukan sekadar berurusan dengan banyak orang, namun yang lebih ia utamakan justru mengejar keuntungan ukhrawi dan berurusan dengan Sang Pencipta dan Maha Pemberi rizki yaitu Allah SWT.

Membaca Al-Qur'an dengan memahami dengan detail setiap makna dan isi kandungan setiap ayat per ayatnya untuk selanjutnya dijadikan pedoman dalam setiap langkah kehidupannya.

Menegakkan sholat awal waktu dengan sempurna dan penuh kesungguhan (khusyu'), dengan menghayati betul setiap do'a-do'a yang dipanjatkan kepada-Nya.

Baca Juga: Komoditas Kentang dan Cabai Jadi Program Kawasan Pertanian Super Prioritas (Karaos) di Kabupaten Cianjur

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x