Muhasabah Pagi: Keistimewaan Masjid Dari Pandangan Allah SWT

- 27 Juli 2021, 07:08 WIB
Muhasabah Pagi: Keistimewaan Masjid Dari Pandangan Allah SWT
Muhasabah Pagi: Keistimewaan Masjid Dari Pandangan Allah SWT /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Masjid memiliki keistimewaan dari pandangan Allah SWT, bukan karena kemegahan bangunan fisiknya, melainkan karena fungsi dan manfaatnya.

Masjid tak hanya diperuntukkan bagi segala aktifitas yang mendekatkan hamba-Nya kepada Rabbnya, tetapi banyak pula manfaat lain bagi setiap hamba Allah SWT yang selalu terpaut hatinya ke masjid.

Salah satu keistimewaannya, karena di tempat ini Allah SWT hanya memerintahkan setiap hamba-Nya untuk selalu memuliakan asma-Nya dengan bertasbih di waktu pagi maupun petang dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah di dalamnya. (QS. An-Nur 24: Ayat 36).

Baca Juga: Jadwal Bulutangkis Olimpiade Tokyo, Selasa 27 Juli 2021, Ganda Putra Putri Indonesia Live Indosiar TVRI Vidio

Bahkan bagi seorang mu'min yang selalu menuju tempat ini, Rasulullah SAW menjanjikan bahwa setiap langkahnya akan menghapus kesalahannya serta meninggikan derajatnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ :قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Dari Abi Hurairah RA: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat.” (HR. Muslim)

Masjid adalah simbol segala kebaikan, sehingga setiap langkah menuju masjid adalah langkah menuju kebaikan. Melangkahkan kaki ke masjid dengan niat ikhlas semata-mata untuk melaksakan kewajiban-kewajiban yang Allah SWT perintahkan, adalah sikap patuh dan penyerahan diri kepada-Nya.

Baca Juga: Persediaan Oksigen di Rumah Sakit Kabupaten Cianjur Semakin Menipis, Hanya Cukup Dua Hari Kedepan

Masjid adalah tempat kembalinya bagi seorang mu'min dimana pun ia berada, karena tempat ini akan memberikan ketenangan serta kesejukkan hati bagi setiap orang yang selalu mengunjunginya untuk taqarrub kepada Dzat Pencipta alam semesta. Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x