Muhasabah Pagi: Kriteria Orang yang Memakmurkan Masjid

- 28 Juli 2021, 06:35 WIB
Muhasabah Pagi: Kriteria Orang yang Memakmurkan Masjid
Muhasabah Pagi: Kriteria Orang yang Memakmurkan Masjid /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Masjid akan selalu menebarkan aroma spiritualitas ketauhidan bagi orang-orang yang sensitif merasakan aroma tersebut.

Secara alamiah orang-orang yang memiliki daya sensitifitas merasakan aroma spiritualitas ketauhidan akan tergiring pada tempat yang menjadi pusat sumber aroma tersebut.

Kemanapun dia berada pasti tempat yang sering ia kunjunginya adalah masjid. Sebab baginya masjid adalah tempat untuk memperkuat spiritulitas ketauhidannya kepada Allah SWT. Orang-orang inilah dalam pandangan Allah SWT sebagai para pemakmur masjid.

Baca Juga: Catat, Mulai Agustus Ridwan Kamil Siapkan Sekolah dan Pesantren Jadi Tempat Vaksinasi, Ini Penjelasannya

Allah SWT menjelaskan bahwa tidak semua orang masuk kategori para pemakmur masjid, karena masjid akan dirasakan kenikmatannya hanya bagi mereka dapat merasakan aroma kenikmatan spiritualitas ketauhidan di dalamnya, dan itu hanya dimiliki oleh para pemakmur masjid.

Hal ini dijelaskan dalam firman-Nya:

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْأَاخِرِ وَأَقَامَ الصَّلٰوةَ وَءَاتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ  ۖ فَعَسٰىٓ أُولٰٓئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

"Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 18)

Baca Juga: Tim Mitigasi IDI ingatkan Kasus Covid-19 Meningkat di Luar Pulau Jawa, Ini Daerah yang Perlu Diwaspadai

Inilah kriteria mereka yang berhak memakmurkan masjid dalam pandangan Allah SWT.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x