Selain Ayam Pelung, Pemkab Cianjur Juga Memiliki Koleksi Enam Rusa yang Dilindungi

- 22 Maret 2021, 16:37 WIB
Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memiliki sejumlah koleksi hewan, tak hanya ayam pelung yang merupakan hewan asli Cianjur. Koleksi hewan lainnya yaitu enam rusa yang dilindungi.
Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memiliki sejumlah koleksi hewan, tak hanya ayam pelung yang merupakan hewan asli Cianjur. Koleksi hewan lainnya yaitu enam rusa yang dilindungi. /Literasinews/Nabiel Purwanda/

Literasi News - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memiliki sejumlah koleksi hewan, tak hanya ayam pelung yang merupakan hewan asli Cianjur. Koleksi hewan lainnya yaitu enam rusa yang dilindungi.

Koleksi rusa yang kini berjumlah enam ekor itu merupakan hibah dari Istana Kepresidenan Bogor. Hingga kini terpelihara baik di kandang yang ada di Komplek Pancaniti, Pendopo Cianjur.

Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Cianjur, Dony Herdyana mengatakan tujuan pemeliharan rusa yang ada di Komplek Pancaniti Pendopo Cianjur itu sebagai upaya menjaga keanekaragaman jenis satwa di luar habitatnya.

Baca Juga: Praktik Pemalsuan Meterai Terungkap, Enam Tersangka Diamankan. Potensi Kerugian Negara Capai Rp37 Miliar

Dony mengungkapkan, rusa merupakan satu di antara hewan yang dilindungi sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) no 106/2018.

"Awalnya mendapat empat ekor rusa yang merupakan hibah dari Istana Kepresidenan Bogor. Kini jumlahnya telah bertambah menjadi enam ekor, terdiri dari satu ekor rusa jantan, dan lima ekor rusa betina," kata Dony, kepada wartawan, Senin 22 Maret 2021.

Keberadaan koleksi rusa yang dimiliki Pemkab Cianjur, bertujuan untuk wisata, edukasi, dan konservasi atau penangkaran.

Baca Juga: Kabar Gembira, Akhirnya Ada 27.303 Formasi bagi Guru Agama di Rekrutmen PPPK 2021

Selain itu dalam proses perawatan rusa, lanjut Dony, Pemkab Cianjur melibatkan dokter hewan yang ada di lingkungan Dinas Peternakan setempat.

"Untuk hewan rusa perawatannya tidak sulit, selain pakan rerumputan dan pucuk pohon. Rusa-rusa juga diberikan pakan tambahan sebagai nutrisi untuk menjaga kondisi hewan rusa agar tetap sehat," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x