Muhasabah Pagi: Akhlaq Ini Akan Mengundang Pertolongan Allah

- 15 Februari 2021, 08:04 WIB
Muhasabah Pagi: Akhlaq yang Mengundang Pertolongan Allah
Muhasabah Pagi: Akhlaq yang Mengundang Pertolongan Allah /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِي اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِماً سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كاَنَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ.

Barang siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang dalam kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah SWT akan tutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya.(Riwayat Muslim).

Baca Juga: Saksikan Film Escape Plan dan Stratton, Berikut Jadwal Trans TV Hari Ini Senin, 15 Februari 2021

Ada tiga hal yang Rasulullah SAW ajarkan dalam hadits di atas. Yang pertama, seorang muslim hendaknya menjadi problem solver terhadap permasalahan muslim yang lain. Ia akan terus melibatkan diri menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan saudaranya agar keluar dari himpitan permasalahan dunia yang sedang dihadapinya.

Yang kedua, seorang muslim hendaknya selalu memberikan kemudahan bagi muslim yang lain. Ia selalu menjadikan kesulitan orang lain sebagai ladang amal sholehnya agar orang tersebut dapat keluar dari kesulitan yang dihadapinya, ia selalu menjadikan kebahagian orang lain adalah bagian dari kebahagiannya.

Yang ketiga, seorang muslim hendaknya dapat menjadi protector atau pelindung terhadap kekurangan atau aib saudara muslim yang lainnya, karena ia menyadari bahwa aib seorang muslim yang lain adalah bagian dari aibnya. Sebab sesama muslim adalah seperti tubuh yang harus saling melindungi.

Baca Juga: PPKM Skala Mikro, Desa-desa di Jabar Didorong Segera Dirikan Posko Penanganan Covid-19

Akhlaq inilah yang akan mengundang pertolongan Allah kepada siapapun ketika ia menghadapi permasalahan dan kesulitan, bukan hanya permasalahan di dunia melainkan pada hari qiamat bahkan ketika kelak di akhirat. Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x