Catatan Umroh di Masa Pandemi: Sehari Sebelum Berangkat, Cemas Menunggu Hasil Swab

- 28 Januari 2021, 11:30 WIB
Umroh di masa pandemi, jamaah menjalani karantina sekaligus Swab.
Umroh di masa pandemi, jamaah menjalani karantina sekaligus Swab. /Dok. Asep Dadan Wildan/Literasi News

Literasi News - Keberangkatan umroh kali pertama masa pandemi ini memberi kesan yang sangat berbeda dengan keberangkatan umroh sebelum pandemi.

Karantina satu hari, 26 Januari 2021 di hotel Ibis bandung yang selanjutnya menjalani swab test bukan hanya dipandang sebagai aturan protocol kesehatan semata, melainkan memberikan pemahaman terhadap wilayah syari'ah dalam kriteria istitha'ah menurut kajian fiqih selama ini.

Dengan aturan yang ketat ini dituntut pemikiran para fuqoha untuk merumuskan kembali konsep istitha'ah haji dan umroh masa new normal ini. Sebab dalam pelaksanaan umroh new normal ini hasil hasil swab sangat menentukan gugur atau tidaknya item-item istitha'ah yang lainnya.

Baca Juga: Atasi Krisis Pangan, Ketua Komisi II Ajak Pemuda Jawa Barat Gabung Dalam Program Petani Milenial

Jika hasil swabnya positif maka gugur istitha'ah yang lainnya dan ia tidak dikatakan memenuhi syarat istitha'ah sebagai tamu Allah, demikian sebaliknya jika hasilnya negative maka ia dikategorikan memenuhi kriteria istitha'ah sebagai tamu Allah di tanah suci.

Kesan berikutnya dengan aturan umroh new normal ini, semua disadarkan bahwa alangkah pentingnya disiplin menjaga kebersihan dalam kehidupan kita, sebab kita merasakan sehat pun ternyata belum tentu kita sehat dari covid 19 sebelum hasil swab test ini keluar.

Ini yang dirasakan oleh semua jamaah ketika hari pertama di karantina ketika pukul 11 siang menjalani swab test sampai malam kurang lebih pukul 9 keluar hasil swabnya.

Baca Juga: MU Gagal ke Puncak Klasemen Liga Inggris, Dijegal Sheffield United. Chelsea Imbang, Burnley Menang Lagi

Diantara masa itu sangat terasa oleh saya kecemasan para jamaah menunggu hasil swab, bahkan pada masa mengisi kekosongan waktu antara sholat maghrib dan isya ketika taushiyah melalui zoom meeting, terasa kecemasan bahwa mereka belum tentu dapat berangkat tergantung hasil swabnya masing-masing.

Dalam kondisi kecemasan ini dihujung taushiyah semua berdoa memohon kepada Allah untuk kesehatan semua jamaah sehingga hasil swabnya negative, terasa kekhidmatan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x