224 Jemaah Indonesia Mulai Melaksanakan Umroh, Rabu pukul 16.00 Waktu Arab Saudi

- 4 November 2020, 23:50 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman
Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman /Kemenag RI/

Literasi News - Sebanyak 224 Jemaah asal Indonesia hari Rabu mulai melaksanakan ibadah umroh. Mereka adalah Jemaah yang berangkat dan tiba pada 1 November serta sudah menjalani proses karantina di Mekkah.

“Jemaah asal Indonesia yang tiba 1 November, hari ini akan melaksanakan ibadah umrah. Pelaksanaan umrah dimulai pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS),” terang Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman di Jakarta, Rabu 4 November 2020.

Menurut Oman, mereka telah menjalankan proses karantina selama tiga hari sebagaimana diatur oleh Pemerintah Arab Saudi. “Ada 224 jemaah umrah asal Indonesia yang akan beribadah umrah hari ini. Selain itu, ada juga 38 jemaah asal Pakistan,” jelasnya.

Baca Juga: PKB Jabar Perkuat Jaringan Pesantren di Kabupaten Sukabumi untuk Pemenangan Abu Bakar-Sirojudin

Hal sama disampaikan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali. Menurutnya,  jemaah Indonesia Rabu sore mengambil miqat umrah dari Tan’im. Mereka akan dibawa dengan 13 bus dengan kapasitas per bus maksimal 19 orang.

Meskipun berangkat dari sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Indonesia, tetapi mereka berumrah hari ini berada dalam satu payung Muassasah Retaj & Ewagate.

“Dari Tan’im, jemaah akan diantar dengan bus menuju Masjidil Haram untuk beribadah umrah,” jelasnya.

Baca Juga: Potensi Curah Hujan Tinggi Dampak La Nina, Warga Cianjur Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan pemberangkatan jemaah dari luar negaranya sejak Minggu, 1 November. Hari itu, 224 jemaah asal Indonesia tiba di Arab Saudi mendarat di Saudi pada pukul 18.16 WAS. Sebelum mereka, tiba terlebih dahulu di Saudi, 38 jemaah umrah asal Pakistan.

Jemaah asal Indonesia tiba di Makkah dan mulai melaksanakan Umroh Rabu WAS
Jemaah asal Indonesia tiba di Makkah dan mulai melaksanakan Umroh Rabu WAS
Mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, jemaah langsung mengantri melakukan proses pengecekan keimigrasian dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka diharuskan menunjukkan bukti tes PCR dengan hasil negatif. Setelah itu, mereka mengambil koper, menuju pemeriksaan X-ray, lalu ke bus.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x