Jelang Ramadan dan Lebaran, Pemerintah Jamin Persediaan Bahan Pokok Cukup dan Harga Terjangkau

- 16 Maret 2021, 21:22 WIB
Menjelang Ramadan dan Lebaran, Pemerintah menjamin persediaan bahan pokok cukup dan harga terjangkau
Menjelang Ramadan dan Lebaran, Pemerintah menjamin persediaan bahan pokok cukup dan harga terjangkau /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin menjelang Ramadan dan Lebaran 2021 persediaan bahan kebutuhan pokok (bapok) mencukupi dengan harga terjangkau.

“Dari hasil pantauan kami secara nasional, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan serta harga bahan pokok terpantau aman dan stabil," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dikutip Literasinews dari laman Kemendag, Selasa 16 Maret 2021.

Menurutnya Kemendag telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bahan pokok nasional.

Baca Juga: Berikut ini Tiga Jadwal Seleksi PPPK 2021. Mendikbud Tegaskan Semua Guru Honorer Bisa Ikut Seleksi

Menurut Mendag, saat ini beberapa komoditas seperti beras dan gula menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya.

“Menjelang Ramadan dan Lebaran, dapat dipastikan harga komoditas tersebut akan stabil," katanya. Hal itu disebabkan, pada bulan Maret ini kita akan memasuki masa panen. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Kemendag.

Sementara untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok. Selain itu gula yang telah digiling akan masuk ke pasar.

Baca Juga: Bikin e-KTP, KK, Akta Kelahiran dan Lainnya di Tasikmalaya Cukup Gunakan WhatsApp, Begini Caranya

"Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp12.500 per kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET),” terangnya.

Hal sama, lanjut Mendag, juga terjadi pada komoditas cabai merah. “Setelah sempat mengalami kenaikan harga akibat cuaca yang merusak panen di sejumlah sentra cabai, seperti Tuban, Kediri, dan Blitar di Jawa Timur; serta Wajo, Sulawesi Utara," katanya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x