Kopi Asal Jawa Barat Tembus Pasar Australia, Ekspor pertama 16 Ton

- 18 Oktober 2020, 16:19 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor pedana kopi asal jawa barat ke Australia di Gedung Pakuan Bandung.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor pedana kopi asal jawa barat ke Australia di Gedung Pakuan Bandung. /jabarprov.go.id/

Literasi News - Kopi asal Jawa Barat Java Preanger kini bisa menembus pasar Australia. Hal itu ditandai dengan diekspornya kopi Java Preanger lebih dari 16 ton oleh petani kopi Wildan Mustafa ke Australia.

Pelepasan ekspor kopi dilaksanakan di halaman rumah dinas Gubernur, Gedung Pakuan Kota Bandung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Jumat 9 Oktober 2020 lalu.

"Ini berita menggembirakan di tengah berita-berita menghawatirkan seperti covid dan gelombang unjuk rasa," kata Kang Emil di lamam jabarprov.go.id.

Baca Juga: Ngurus KTP, KK hingga Akta di Garut Bisa Online, Tak Perlu ke Kantor Disdukcapil

Sebenarnya menurut Kang Emil penjajakan pemasaran kopi asal Jawa Barat ke Australia sudah dimulai beberapa tahun lalu oleh Pemprov Jabar.

"Sudah ada kedai kopi Jawa Barat di sana yang diberi nama Jabarano. Kalau tidak keburu Covid, mungkin kita sudah bisa membuka yang kedua dan yang ketiga di beberapa kota besar di Australia. Tapi alhamdulillah saat ini, di tengah pandemi, pihak swasta juga sudah bisa ekspor sendiri," ujarnya

Sementara itu menurut petani pengekspornya Wildan Mustafa, ekspor kopi ke Australia ini untuk pertamakalinya dilakukan antar pengusaha.

Baca Juga: Malam ini Ada Mega Konser Dewa 19 di RCTI, Akan Dibawakan Belasan Lagu Selama 2,5 Jam

"Ini B to B atau antar pebisnis, walau dari kita difasilitasi dan dibantu juga oleh Kemendag RI," ungkap Wildan.

Wildan menuturkan pasar Australia, Eropa dan Amerika menyukai jenis fresh kopi. Berbeda dengan pasar Asia, selain fresh kopi, juga menyukai kopi olahan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x