Waspadai Puncak LA Nina, GPS Sumedang Berikan Tips Hindari Petir

- 4 November 2020, 12:18 WIB
BMKG
BMKG /

 

Literasi News - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah merilis informasi yang menyatakn bahwa saat ini tengah terjadi fenomena La Nina. Dampak La Nina mengakibatkan anomali cuaca dan meningkatnya curah hujan yang tinggi di tanah air, termasuk Jawa Barat salah satunya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Sehat (MPC GPS) Kabupaten Sumedang Nadya Nur Pratiwi memperkirakan dalam periode sepekan kedepan akan terjadi peningkatan curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir dengan angin kencang.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrim seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin”, Paparnya.

Baca Juga: Gunung Sinabung Pagi Ini Erupsi Lagi, Hati-hati Warga Dekat Sungai Aliran Lahar Panas Mengancam

Nadya juga mengatakan “Peningkata curah hujan seiring dengan awal musim hujan disertai peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana, oleh karena itu seluruh masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana”, katanya.

Sementara itu, ketika terjadi hujan lebat yang berpotensi disertai petir, Nadya memberikan tips untuk menghindari petir, diantaranya yaitu :


1. Segeralah masuk ke ruangan atau mobil, jika kalian sedang berbeda di luar dan mendengar Guntur.


2. Jika berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh, karena petir dapat menghantarkan energy melalui air.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x