Kesadaran Berlalulintas Masyarakat Masih Rendah, Knalpot Bising Ditertibkan

- 12 Oktober 2020, 21:24 WIB
Penertiban Knalpot Bising Oleh Satlantas Polres Cianjur
Penertiban Knalpot Bising Oleh Satlantas Polres Cianjur /Literasi News/Angga

Literasi News - Tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Cianjur masih sangat rendah. Selain sering melanggar aturan lalu lintas, banyak pula pengguna kendaraan memakai knalpot bising.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty, mengatakan Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cianjur kini tengah gencar melakukan penertiban terhadap sepeda motor berknalpot bising. Razia digelar rutin setiap siang dan sore hari di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur.

"Selain sanksi tilang, kami juga meminta pengendara agar mengganti knalpot bising yang mereka gunakan dengan knalpot standar. Jika tidak, kendaraan mereka untuk sementara, kami amankan," jelasnya Senin 12 Oktober 2020.

Baca Juga: Beli BBM Jenis Pertamax Pakai Nontunai Saat Ini Hingga 31 Oktober Harganya Lebih Murah

Meilawaty menambahkan, gencarnya penertiban kendaraan yang menggunakan knalpot bising juga tak lepas dari banyaknya pengaduan masyarakat yang mengeluhkan masalah knalpot bising.

"Penggunaan knalpot bising jelas sangat mengganggu, tak hanya pengguna jalan tapi juga masyarakat. Kami gencar melakukan penertiban untuk memberikan efek jera," tandasnya.

Selain banyaknya kendaraan yang menggunakan knalpot bising, lanjut Meilawaty, pelanggaran lalu lintas lain, seperti pengendara tidak menggunakan pelindung kepala atau helm. Kemudian tidak melengkapi surat kendaraan bermotor serta melawan arus masih banyak terjadi.

Baca Juga: Tak Terhalang Pandemi, KSN 2020 Diapresiasi Komisi X DPR RI

"Kami gencar memberikan imbauan dan sosialisasi terhdap masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas," ujar Meilawaty, kepada wartawan.***

 

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x