Menkes Budi Gunadi Sadikin Berikan Penghargaan Bebas Frambusia untuk Kabupaten Subang

- 7 Maret 2024, 08:59 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin Berikan Penghargaan Bebas Frambusia untuk Kabupaten Subang.
Menkes Budi Gunadi Sadikin Berikan Penghargaan Bebas Frambusia untuk Kabupaten Subang. /Dok Prokompim Subang

Literasi News - Penjabat (Pj) Bupati Subang, Imran menerima penghargaan Bebas Frambusia dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin Bertempat di Grand Sahid Jaya Hotel Rabu, 06 Maret 2024.

Kementerian Kesehatan RI terus berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit tropis terabaikan atau Neglected Tropical Diseases (NTDs). Upaya ini dilakukan untuk mengejar target eliminasi NTDs di Indonesia.

Di Indonesia ada sejumlah penyakit NDTs yang diprioritaskan antara lain filariasis, cacingan, schistosomiasis, kusta, dan frambusia. Saat ini, Kementerian Kesehatan tengah memfokuskan pada eliminasi lima penyakit tersebut.

Baca Juga: 10 Kelebihan Honda Stylo 160: Tampil Dengan Desain Klasik, Dilengkapi Teknologi Modern

Pada tahun 2024 ini ada 99 Kabupaten/Kota yang lolos Asessment Eradikasi Frambusia dan berhak menerima sertifikat bebas Frambusia. Salah satunya adalah Kabupaten Subang yang menerima penghargaan sebagai Kabupaten Bebas Frambusia yang diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI.

Deputi WHO Perwakilan Untuk Indonesia, Dr. Momoe Takeuchi dalam sambutannya menyebut ada 20 penyakit yang termasuk NDTs. Penyakit tersebut disebabkan oleh berbagai patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan cacing parasit.

“Globally there are 21 Neglected Tropical Diseases caused by a variety including viruses, protozoa, bacteria, and parasitic worms in Indonesia," papar Dr. Momoe Takeuchi.

Dirjen Kesehatan Masyarakat yang Mewakili Dirjen P2P Kementerian Kesehatan, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH menyampaikan bahwa tema pada tahun ini yaitu “United and Eliminate”

Baca Juga: Nonton Anime Sengoku Youko Episode 9 Sub Indo, Download Tanpa Otakudesu dan Anoboy

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x