Kabupaten Subang Raih Juara 2 Lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun Tingkat Provinsi

- 6 Maret 2024, 07:31 WIB
Delegasi Kabupaten Subang saat mengikuti Lomba Cuci Tangan Pakai Sabun di tingkat Provinsi Jawa Barat.
Delegasi Kabupaten Subang saat mengikuti Lomba Cuci Tangan Pakai Sabun di tingkat Provinsi Jawa Barat. /Dok Prokompim Subang

Literasi News - PJ Ketua TP PKK Kabupaten Subang Rosnelly Imran, S.K.M, menghadiri acara Lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) tingkat Provinsi Jawa Barat yang bertempat di SPORT Arcamanik, Bandung pada Selasa, 5 Maret 2023.

Acara ini diikuti oleh 23 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat meliputi Kab. Subang, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Bogor, Kab. Bekasi, Kab. Ciamis, Kab. Cianjur, Kab. Cirebon, Kab. Garut, Kab. Indramayu, Kab. Karawang, Kab. Kuningan, Kab. Pangandaran, Kab. Purwakarta, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya. Adapun untuk Kabupaten Subang diwakili oleh tim senam CTPS TP PKK Kecamatan Binong.

Dalam laporannya Ketua Penyelenggara Lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun sekaligus Ketua Bidang Pokja IV TP PKK Provinsi Jabar Dr. Siska Gerfianti, M.Hkes, SP. DLP., menyampaikan tujuan dilaksanakannya acara ini yaitu pertama, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku CTPS sebagai awal Pola Hidup Baik dan Sehat (PHBS).

Baca Juga: Tinjau Lokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Bumi Subang, Pj Bupati Minta Warga Waspada

Kedua, yaitu mendorong kepedulian masyarakat dalam pelaksanaan CTPS di lingkungan sekitarnya serta meningkatkan peran PKK dalam memberikan sosialisasi CTPS. Ketiga, membiasakan CTPS sebagai cara mudah dan murah hidup sehat.

Mewakili PJ Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat RR. Amanda Setyaningsih, S.Ak, Dr. Siska Gerfianti juga menyampaikan bahwa TP PKK Provinsi Jawa Barat mengapresiasi Kabupaten/Kota yang telah mengirimkan perwakilannya dan berkontribusi dalam program pusat menyongsong Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun 2024.

Dr. Siska juga berterima kasih kepada tim juri yang terdiri dari KORMI, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemuda dan Olahraga yang telah mendukung kesuksesan acara ini.

Selanjutnya Dr. Siska memaparkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 cakupan PHBS rumah tangga sebesar 63,7% dan cakupan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan CTPS ini ada di angka 89%. Dr. Siska berharap dengan adanya kegiatan ini TP PKK Kabupaten dan Kota dapat memberikan kontribusi dalam menaikan angka cakupan tersebut.

Baca Juga: Shopee Hadirkan Program Baru Garansi Tepat Waktu, Jaminan Pesanan Sampai Sesuai Jadwal

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x