Sesar Cugenang Bagian Dari Sesar Cimandiri, Kepala BMKG: Sifatnya Masih Hipotesis

- 5 Januari 2023, 18:36 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Cianjur. Sesar Cugenang pemicu gempa 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur diduga merupakan bagian dari Sesar Cimandiri.
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Cianjur. Sesar Cugenang pemicu gempa 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur diduga merupakan bagian dari Sesar Cimandiri. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Sesar Cugenang pemicu gempa 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 lalu diduga merupakan bagian dari Sesar Cimandiri.

Demikian disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Cianjur, Rabu 4 Januari 2023.

"Ada kemungkinan Sesar Cugenang merupakan bagian dari sistem Sesar Cimandiri, tapi sifatnya masih hipotesis atau dugaan," ujar Dwikorita.

Dwikorita mengungkapkan, perlu kajian mendalam terkait hipotesis itu. Kajian tersebut perlu dilakukan untuk ilmu pengetahuan dan kesiapsiagaan di waktu mendatang.

"Memang harus ada pendalaman atau kajian-kajian selanjutnya untuk membuktikan hipotesis tersebut. Kajian perlu dilanjutkan untuk ilmu pengetahuan ke depan," kata dia.

Baca Juga: Awal Tahun 2023, Gempa 2,9 Magnitudo Landa Cianjur, Warga Sempat Panik

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono, mengatakan Sesar Cimandiri merupakan segmen sesar yang kompeks.

Menurutnya terdapat beberapa klaster patahan yang diketahui ternyata merupakan bagian dari Sesar Cimandiri, seperti Sesar Nyalindung-Cibeber, Sesar Rajamandala, dan segmen Sesar utama Cimandiri itu sendiri.

"Semua segmen dari Sesar Cimandiri itu memiliki histori aktivitas. Bahkan dari 2008 tercatat Sesar ini sangat aktif," kata Daryono.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x