Dana Stimulan Rp1 Juta Disiapkan Bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur yang Rumahnya Rusak Berat

- 1 Januari 2023, 19:50 WIB
Ilustrasi rumah hunian sementara (huntara).* Warga terdampak gempa bumi Cianjur yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Cianjur.
Ilustrasi rumah hunian sementara (huntara).* Warga terdampak gempa bumi Cianjur yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Cianjur. /Antara/Ahmad Fikri/

Literasi News - Warga terdampak gempa bumi Cianjur yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Cianjur, Jawa Barat sebesar Rp1 juta.

Dana stimulan tersebut untuk membangun rumah hunian sementara (Huntara).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkimtam) Kabupaten Cianjur, Cepi Rahmat mengatakan dana stimulan sebesar Rp1 juta per keluarga yang rumah rusak berat diberikan untuk membangun rumah hunian sementara.

"Pemerintah akan memberikan dana stimulan berupa uang senilai Rp1 juta per KK bagi warga yang rumahnya rusak berat," kata Cepi, kepada wartawan.

Kebijakan tersebut, menurut Cepi, dilakukan karena proses relokasi dan pembanguan rumah yang rusak berat bakal membutuhkan waktu lama. Sehingga rumah Huntara memang dibutuhkan.

Baca Juga: Awal Tahun 2023, Gempa 2,9 Magnitudo Landa Cianjur, Warga Sempat Panik

"Jadi uang senilai Rp1 juta tersebut, warga dapat memanfaatkan beberapa material puing bangunan rusak yang memang layak untuk digunakan," ujarnya.

Cepi menjelaskan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan untuk menyalurkan bantuan uang senilai Rp1 juta per KK untuk membangun huntara.

"Kita masih mendata, karena Pemkab sebelumnya sudah menyalurkan tenda keluarga, jadi kami akan memberikan dan itu pada warga yang belum mendapatkan tenda keluarga," katanya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x