Konser Musik Dibuka, Ketua Komisi X: Keputusan Tepat Pegiat Industri Kreatif Pulih

- 28 September 2021, 22:55 WIB
Konser Musik Dibuka, Ketua Komisi X: Keputusan Tepat Pegiat Industri Kreatif Pulih.
Konser Musik Dibuka, Ketua Komisi X: Keputusan Tepat Pegiat Industri Kreatif Pulih. /Literasinews

Literasi News - Pemerintah akhirnya memberikan izin untuk kegiatan bersekala besar, seperti perhelatan industri kreatif, pesta, resepsi pernikahan, festival hingga konferensi. Menteri Komunikasi dan Informasi uraikan pedoman penyelenggaraan kegiatan bersekala besar tersebut. Sementara itu di pihak Komisi X antusias dan menilai keputusan ini tepat, utamanya akan memulihan ekonomi pegiat industri kreatif.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari Covid-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” kata Menkominfo, Johnny lewat siaran pers.

Jhonny pun menyebut ada beberapa hal dalam pedoman ini yang sifatnya wajib dilaksanakan saat hendak menyelenggarakan kegiatan bersekala besar.

Baca Juga: Buka Musda Forkoda PP DOB Jawa Barat, Syaiful Huda : DOB untuk Pemerataan Kesejahteraan Rakyat

Pertama, dilakukan edukasi kesehatan sebelum kegiatan dimulai, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, serta memastikan fasilitas pendukung protokol kesehatan.

Kedua, saat kegiatan berlangsung, penyelenggara wajib memastikan screening kesehatan, memastikan alat kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses, dan memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan.

Terakhir setelah acara selesai, penyelenggara wajib memastikan tidak ada kasus positif yang lolos kembali ke daerah asal, dan mengoptimalkan karantina.

Baca Juga: Puluhan Ton Ikan di KJA Waduk Cirata Mande Kabupaten Cianjur Mati Akibat Terjadinya Upwelling

Pemulihan Ekonomi Pegiat Seni

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x