Beredar Kabar Tidak Ada Slot PNS untuk Guru di 2022, Komisi X Minta Penjelasan Kemendikbud

- 21 Agustus 2021, 18:35 WIB
Ketua komisi X DPR RI Syaiful Huda.
Ketua komisi X DPR RI Syaiful Huda. /dpr.go.id/DPR

Literasi News – Kabar tidak adanya slot CPNS untuk pengajar dalam seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2022 membuat resah jutaan guru honorer di tanah air. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) harus segera memberikan penjelasan sehingga kabar tersebut tidak menjadi isu liar.

“Kami meminta Kemendikbud Ristek dan pihak terkait segera memberikan kejelasan atas informasi tidak adanya slot CPNS bagi guru untuk seleksi ASN tahun 2022. Kami menerima banyak protes dan ungkapan keresahan dari para guru atas informasi tersebut,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Ketua PKB Subang Zaenal Mutaqin Ajak Kader IPNU-IPPNU Jadi Tauladan di Lingkungannya

Huda menjelaskan kabar tidak adanya slot CPNS bagi guru memang menjadi isu sensitif.

Tahun lalu ini isu ini beredar kencang di mana Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan format terbaik ASN untuk guru adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pernyataan BKN ini kemudian menimbulkan gelombang protes dari para guru sehingga Kemendikbud menyatakan jika penutupan slot CPNS untuk guru hanya untuk tahun anggaran 2021 karena adanya seleksi pengangkatan sejuta guru honorer menjadi PPPK.

Baca Juga: Biodata Teuku Rassya Pemeran Yuda Cowok Populer Sekaligus Kapten Basket dalam Film Series 'Little Mom'

“Peniadaan slot CPNS untuk guru ini merupakan isu sensitif, tidak hanya meresahkan para jutaan guru honorer, tetapi juga berpengaruh pada masa depan Pendidikan di tanah air,” katanya.

Dia mengatakan penutupan slot CPNS bagi guru bakal menurunkan minat generasi muda Indonesia untuk mengeluti profesi pendidik di masa depan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x