Presiden Janji Sekolah Segera Dibuka, Ketua Komisi X Usul Sekolah Jadi Zona Aman

- 20 Agustus 2021, 13:17 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda /Instagram Syaiful Huda/Literasi News

 

Literasi News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan segera membuka sekolah jika proses vaksinasi Covid-19 berjalan lancar. Komisi X DPR pun meminta agar sekolah menjadi zona aman Covid-19.

“Presiden Jokowi memastikan jika sekolah akan segera dibuka jika vaksinasi Covid-19 berjalan lancar. Kami meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menjadikan sekolah sebagai zona aman Covid-19 baik dari sisi kesehatan maupun sebagai ujung tombak kampanye hidup dengan kebiasaan baru (New Normal) di era pandemi,” ujar Ketua Komisi X Syaiful Huda, Jumat, (20/8/2021).

Untuk diketahui Presiden Jokowi mempersilahkan pembukaan sekolah jika vaksinasi Covid-19 berjalan lancar. Pernyataan ini disampaikan presiden saat berdialog dengan sejumlah pelajar, guru, dan kepala sekolah dari berbagai provinsi secara virtual. Dialog ini dilakukan Jokowi di sela kunjungannya ke SMP Negeri Mejayan, Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Sinopsis Film Sunshine Becomes You Tayang di Film Layar Lebar SCTV Hari Ini, 20 Agustus 2021

Huda menjelaskan pembukaan sekolah layak segera dilakukan mengingat kian banyaknya tingkat vaksinasi guru dan siswa. Selain itu tren penurunan kasus harian maupun kasus aktif juga terus terjadi.

“Kami berharap pembukaan sekolah secara terbatas yang dikombinasikan dengan pembelajaran online bisa mengembalikan ikatan emosional dari peserta didik atas lingkungan sekolah mereka. Pembukaan sekolah ini juga bisa membuat anak-anak terbiasa untuk hidup situasi new normal,” katanya.

Dia mengungkapkan jumlah anak terpapar Covid-19 di Indonesia menjadi salah satu tertinggi di dunia. Menurutnya salah satu faktor pemicu tingginya kasus positif bagi anak Indonesia adalah lemahnya pengawasan dari orang tua. Apalagi hampir semua sekolah ditutup dan dilakukan pembelajaran jarak jauh. Dengan system ini justru banyak ruang dan waktu anak yang terbuang karena tidak optimalnya pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Kendaraan Bermotor Diberlakukan untuk Ruas Jalan Mangunsarkoro, Kabupaten Cianjur

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x