Longsor di Cianjur, Akses Jalan Dua Kecamatan Tertimbun Material Tanah Setinggi 5 Meter

- 25 Mei 2021, 11:35 WIB
Longsor di Cianjur, Akses Jalan Dua Kecamatan Tertimbun Material Tanah Setinggi 5 Meter
Longsor di Cianjur, Akses Jalan Dua Kecamatan Tertimbun Material Tanah Setinggi 5 Meter /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Bencana longsor menutup akses jalan utama penghubung dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sukaresmi dan Cikalongkulon tepatnya di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Longsoran dengan tinggi lima meter dan lebar delapan meter itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah itu sejak Senin 24 Mei 2021 sore hingga Selasa 25 Mei 2021 dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Relawan Tangguh Bencana (Retana), Cadin PUPR, dibantu warga setempat terpaksa melakukan sistem buka tutup arus kendaraan dari kedua arah.

Baca Juga: Jadwal Acara MNC TV Hari Ini, Selasa 25 Mei 2021: Ada Rising Star Dangdut hingga Raden Kian Santang

Kapolsek Sukaresmi, AKP Irwan Alexander, mengungkapkan ketinggian tebing yang longsor diperkirakan 5 meter dengan lebar 8 meter.

"Korban jiwa nihil. Namun, akses kendaraan lumpuh total. Alat berat diterjunkan untuk membersihkan badan jalan dari material longsor," kata Irwan, kepada wartawan, Selasa 25 Mei 2021.

Longsor di Cianjur, Akses Jalan Dua Kecamatan Tertimbun Material Tanah Setinggi 5 Meter di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Sukaresmi
Longsor di Cianjur, Akses Jalan Dua Kecamatan Tertimbun Material Tanah Setinggi 5 Meter di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Sukaresmi Nabiel Purwanda

Irwan menyebutkan, curah hujan yang tinggi menjadi pemicu tebing yang memiliki tekstur tanah labil itu mengalami longsor.

Baca Juga: Jadwal Acara TV di SCTV Selasa 25 Mei 2021, Lanjutan Badai Pasti Berlalu, Keajaiban Cinta, Love Story 15:00

Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas PUPR setempat untuk menerjunkan alat berat agar mempercepat upaya evakuasi material longsoran berupa gundukan tanah dan pohon.

"Upaya pembukaan jalan sedang dikerjakan. Semoga secepatnya bisa segera dilalui kendaran," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x