CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Kini Dua Bagian Kotak Hitam Sudah Lengkap

- 31 Maret 2021, 19:53 WIB
Ilustrasi. Operasi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182. CVR Ditemukan, Kini Dua Bagian Kotak Hitam Sudah Lengkap
Ilustrasi. Operasi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182. CVR Ditemukan, Kini Dua Bagian Kotak Hitam Sudah Lengkap /Pikiran-rakyat.com/Amir Faisol/

Literasi News - Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akhirnya ditemukan. Setelah lebih dari dua bulan pencarian, alat perekam suara dalam kokpit itu berhasil diangkat dari dasar perairan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penemuan CVR tersebut telah melalui proses panjang demi memperoleh data yang lebih baik.

“CVR selama ini terus diupayakan untuk ditemukan, karena investigasi penyebab kecelakaan pesawat tanpa CVR di Kepulauan Seribu ini tidak akan tuntas,” ujar Budi seperti dilansir dari Antara, Rabu 31 Maret 2021.

Baca Juga: Seorang Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Ditembak Mati Ditempat oleh Polisi

Baca Juga: Aa Gym Resmi Mencabut Gugatan Cerainya Terhadap Teh Ninih di Pengadilan Agama Bandung

Dengan begitu, kini dua bagian kotak hitam Sriwijaya Air SJ-182 sudah dinyatakan lengkap. Hingga saat ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mendapatkan banyak data dari Flight Data Recorder (FDR) yang ditemukan lebih dulu. Akan tetapi, penggabungan data dan fakta di dalam kokpit melalui FDR serta CVR dinilai akan menyempurnakan informasi.

Penemuan itu pun sudah dilaporkan kepada Presiden RI, kini petugas terkait sedang menindaklanjuti CVR yang ditemukan. Besar harapan, KNKT akan melakukan penelitian secara mendetil dan membagikan informasi yang diperoleh.

Sriwijaya Air SJ-182 diketahui mengalami kecelakaan di kawasan Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari 2021. Seluruh penumpang dan awak kabin yang berjumlah 62 orang dinyatakan meninggal dunia.***
(Shofira Hanan)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x